Keras! Cara Hamka Hamzah Tempa Mental Pemain Muda: Senior Kasar, Hajar Balik
Bek Persita Tangerang Hamka Hamzah dan rekan-rekan satu timnya terpaksa menerima gaji yang sudah dipangkas 90 persen selama tiga bulan mulai Maret akibat dampak pandemi virus corona. ANTARA/HO Persita/am.
21:42
19 Agustus 2024

Keras! Cara Hamka Hamzah Tempa Mental Pemain Muda: Senior Kasar, Hajar Balik

Saat masih aktif bermain, Hamka Hamzah dikenal sebagai pemain yang tegas dan punya aura kepemimpinan yang kuat.

Sering kali Hamka membuat komentar pedas soal mental pemain di Indonesia. Salah satu yang paling viral ketika pria berusia 40 tahun itu marah-marah di ruang ganti RANS Nusantara FC.

Pada pertandingan BRI Liga 1 2023/24 RANS melawan Arema FC, Hamka melampiaskan amarahnya di ruang ganti saat jeda pertandingan.

Mengetahui Rans tertinggal dua gol dengan cukup mudah mantan bek Persija Jakarta itu terlihat sangat kecewa. Hamka bahkan menyebut permainan RANS saat itu seperti pemain tarkam.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1 PSS Sleman vs Persik: Elang Jawa Terbenam di Dasar Klasemen

Terbaru, Hamka berkisah soal caranya mengajarkan pemain-pemain muda untuk punya mental kuat saat bermain di atas lapangan.

“Saya bilang ke adik-adik, kalau ada pemain senior dia main kasar, hajar balik” kata Hamka dalam wawancara di kanal YouTube TS Media.

“Nanti saya dipukul, saya nggak takut. Justru dia (pemain senior) malu ketika kamu lawan dia. Umpamanya saya dicederai Coach Justin, saya pendem terus tapi pas saya balas emosi. saya lawan (dia) malu karena senior,” ujar Hamka.

Hal tersebut disebut Hamka Hamzah selalu ia ajarkan kepada rekan-rekan satu timnya yang masih muda agar punya mental baja.

Kapten Rans Cilegon FC Hamka Hamzah menyebut akan pensiun setelah membawa timnya lolos ke Liga 1. [Instagram]Kapten Rans Cilegon FC Hamka Hamzah menyebut akan pensiun setelah membawa timnya lolos ke Liga 1. [Instagram]

“Itu saya ajarkan ke adik-adik, apalagi kalau satu tim sama saya. Ada pemain-pemain muda dihajar, hajar balik. Nanti kalau nggak mempan, biar abang yang hajar dia,” pungkasnya.

Baca Juga: BRI Liga 1: Bali United Lanjutkan Tren Positif, Kenneth Ngwoke Kecewa Berat

Salah satu momen Hamka Hamzah ribut dengan pemain senior terjadi saat ia membela Persija Jakarta dan melawan Cristian Gonzales yang memperkuat Persik Kediri.

Pada duel babak delapan besar Divisi Utama 2007/08 itu, Hamka ribut dengan Gonzales setelah sebelumnya dianggap telah mendorong rekan satu timnya, Evgheny Khamaruk.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #keras #cara #hamka #hamzah #tempa #mental #pemain #muda #senior #kasar #hajar #balik

KOMENTAR