Kebijakan Ugal-ugalan Chelsea: Punya Pemain Bejibun bak Kelompok Ormas
Pemain Chelsea tiba di Stamford Bridge saat akan melawan Manchester City di pekan I Liga Inggris 2024/2025 [Instagram @chelsea]
10:06
19 Agustus 2024

Kebijakan Ugal-ugalan Chelsea: Punya Pemain Bejibun bak Kelompok Ormas

Chelsea harus mengakui kehebatan Manchester City di pekan pertama Liga Inggris 2024/2025. Melawan City di Stadion Stamford Bridge, The Blues kalah dua gol tanpa balas.

Dua gol kemenangan Manchester City dicetak oleh Erling Haaland dan Mateo Kovacic, yang notabene ialah mantan pemain Chelsea.

Kekalahan dari City dua gol tanpa balas di pekan pertama membuat Chelsea makin dicibir oleh publik. Sebelumnya, skuat besutan Enzo Maresca ini jadi sorotan karena memiliki jumlah pemain di skuat utama yang sangat banyak.

Merujuk dari data laman Premier League, Chelsea awalnya memiliki 44 pemain di skuat utama. Kebijakan transfer dari manajemen The Blues ini dianggap aneh karena terlalu jor-joran di bursa transfer.

Baca Juga: Luar Biasa! Nathan Tjoe-A-On Dapat Tepuk Tangan Usai Lakukan Penyelamatan Krusial, Dapat Nilai Segini dari Media Wales

Chelsea harus mengakui kehebatan Manchester City di pekan pertama Liga Inggris 2024/2025. [chelseafc.com]Chelsea harus mengakui kehebatan Manchester City di pekan pertama Liga Inggris 2024/2025. [chelseafc.com]

Kondisi ini diperparah dengan pemain anyar yang direkrut berstatus antah berantah. Bahkan di sektor penjaga gawang, Chelsea memiliki 7 pemain, dari Kepa, Robert Sanchez hingga rekrutan anyar Filip Jorgensen.

Dari data terbaru di situs resmi klub, Chelsea saat ini memiliki 42 pemain. Untuk sektor penjaga gawang tersisa 6 pemain, lalu ada 7 pemain berposisi sebagai striker murni.

Sayangnya 7 pemain di sektor depan dari Romelu Lukaku hingga Nicolas Jackson tak bisa berbuat banyak saat hadapai Manchester City.

Merujuk pada data Transfermarkt, skuat Chelsea di musim ini rata-rata berusia 23 tahun dengan nilai pasar dari 42 pemain itu sebesar Rp460,61 miliar.

Lantas apakah skuat Chelsea sebanyak 42 pemain tidak melanggar aturan? Manajemen klub punya waktu 12 hari untuk segera memangkas jumlah pemain.

Baca Juga: Main di Menit Akhir, Nathan Tjoe-A-On Cetak Sejarah di HUT RI ke-79, Jadi Pemain Timnas Indonesia Pertama yang...

Enzo Maresca berhasil membawa Leicester City juara Divisi Championship dan kembali ke Liga Premier Inggris musim depan. ANTARA/Dok-Leicester CityEnzo Maresca berhasil membawa Leicester City juara Divisi Championship dan kembali ke Liga Premier Inggris musim depan. ANTARA/Dok-Leicester City

Kebijakan dari Premier League membatas klub dalam satu musim ini hanya memiliki 25 pemain. Artinya, ada 17 pemain Chelsea yang was-was akan ditendang dari Stamford Bridge.

Membengkaknya skuat Chelsea di musim ini juga dikritik oleh eks pemain Inggris, Rio Ferdinand. Menurut mantan bek Manchester United itu, kebijakan transfer The Blues akan berefek pada psikologis pemain muda.

"Ini seperti pesan tersirat kepada pemain akademi bahwa mereka akan berpikir, ini semua murni bisnis. Chelsea dan manajemen klub saat ini menjalankan klub tanpa emosi," kata Rio seperti dilansir dari Mirror.

"Tampaknya dengan aturan FFP ini, emosi dan loyalitas terhadap klub bola akan hilang," tegasnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kebijakan #ugal #ugalan #chelsea #punya #pemain #bejibun #kelompok #ormas

KOMENTAR