Bahas Persaingan Grup D Piala Asia 2023, Kapten Irak Tak Anggap Timnas Indonesia Ada
Kiper sekaligus kapten Timnas Irak, Jalal Hassan. [AHMAD AL-RUBAYE / AFP]
20:12
5 Januari 2024

Bahas Persaingan Grup D Piala Asia 2023, Kapten Irak Tak Anggap Timnas Indonesia Ada

Kiper andalan sekaligus kapten Timnas Irak, Jalal Hassan benar-benar menyepelekan keberadaan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sang kiper benar-benar tak menganggap skuad Garuda sebagai lawan yang perlu diperhitungkan.

Timnas Irak tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia serta Jepang dan Vietnam.

Saat memprediksikan persaingan di Grup D, Jalal Hassan sama sekali tak menyinggung Timnas Indonesia.

Starting eleven Timnas Indonesia pada laga uji coba kontra Libia di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam WIB. [dok. PSSI]Para pemain Timnas Indonesia. [dok. PSSI]

Kiper 32 tahun yang main di klub Liga Primer Irak, Al Zawraa itu hanya mewaspadai Jepang dan Vietnam.  

Jalal Hassan menyebut Jepang sebagai salah satu favorit juara Piala Asia 2023. Sementara Vietnam disebutnya sebagai tim yang sudah jauh berkembang, tak hanya di kancah Asia Tenggara namun juga di Asia.

"Irak berada di grup sulit karena berisi calon juara pertama yaitu Timnas Jepang. Ada juga termasuk Timnas Vietnam yang sudah sangat berkembang di Asia saat ini," kata Jalal Hassan kepada media lokal Irak, Winwin, Jumat (5/1/2024).

"Saya pikir Jepang akan melangkah jauh pada turnamen ini, tak diragukan. Itu karena kekuatan para pemainnya yang bermain di Eropa," celotehnya.

Terkait kans Irak melangkah ke fase gugur, Jalal Hassan sendiri cukup pede tim berjuluk Singa Mesopotamia itu bisa lolos ke babak 16 besar dari Grup D.

"Untuk Timnas Irak, saya juga yakin kami kandidatnya. Lolos ke babak selanjutnya meskipun peluang untuk semua tim sama," tukas Jalal Hassan.

Komentar Jalal Hassan ini sepertinya memang benar-benar menyepelekan Timnas Indonesia. Apalagi, lawan pertama tim Singa Mesopotamia di Grup D tak lain adalah skuad Garuda, dengan laga akan digelar pada 15 Januari 2024 di Stadion Ahmed bin Ali di Kota Al Rayyan, Qatar.

Namun jika dicerna lagi, sebenarnya tak ada yang salah dengan komentar Jalal Hassan terkait Timnas Indonesia. Di atas kertas, skuad Garuda memang menjadi yang paling lemah di Grup D Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia memiliki ranking FIFA paling rendah yakni 146. Adapun Jepang ada di urutan ke-17, Irak menghuni posisi 63, dan Vietnam ada di tempat ke-94.

Timnas Indonesia senior sendiri sudah merasakan dahsyatnya kekuatan Irak pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F pada 16 November 2023 lalu.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Irak di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)Laga antara Timnas Indonesia melawan tuan rumah Irak di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. (dok, PSSI)

Tandang ke Stadion Internasional Basra, Timnas Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong digasak tuan rumah Irak dengan skor telak 1-5.

Tag:  #bahas #persaingan #grup #piala #asia #2023 #kapten #irak #anggap #timnas #indonesia

KOMENTAR