Legenda: Keisuke Honda, 'Kaisar' Jepang yang Punya Kontrak Unik di Kompetisi AFC, Cuma Main 1 Laga!
Pesepak bola legendaris Jepang, Keisuke Honda bermain untuk klub Buthan, Paro FC di laga preliminary AFC Challenge League 2024, Rabu (14/8/2024). [Dok. IG Keisuke Honda]
11:00
15 Agustus 2024

Legenda: Keisuke Honda, 'Kaisar' Jepang yang Punya Kontrak Unik di Kompetisi AFC, Cuma Main 1 Laga!

Keisuke Honda, pesepak bola legendaris Jepang, kembali merumput di laga profesional setelah dianggap telah pensiun usai vakum sejak 2022.

Honda, yang memainkan laga profesional terakhirnya bersama klub Lithuania, FK Suduva Marijampole pada 1 Januari dua tahun lalu, ternyata kembali merumput.

Kali ini, pemain yang memutuskan pensiun dari Timnas Jepang pada 2018 itu memperkuat tim asal Buthan, Paro FC. Menariknya, pemain berposisi gelandang serang itu mendapatkan kontrak unik.

Honda, yang kini sudah berusia 38 tahun, hanya dikontrak satu pertandingan oleh Paro FC, yakni untuk bermain di laga preliminary AFC Challenge League 2024.

Baca Juga: Target Juara? David da Silva Siap Menggila di AFC Champions League 2

AFC Challenge League 2024 kompetisi kasta ketiga tim-tim Asia setelah Liga Champions Asia dan Liga Champions Asia 2. Indonesia sendiri akan diwakili Madura United di ajang ini.

Honda ditunjuk menjadi kapten saat Paro FC menghadapi klub Nepal, Church Boys United pada Rabu (14/8/2024).

Berkat bantuan Honda, Paro FC menang 2-1, membuat tim tersebut berhasil lolos ke fase grup AFC Challenge League 2024.

"Saya merasa klub benar-benar menginginkan saya bermain, meskipun hanya untuk satu pertandingan. Saya sangat antusias dengan tawaran klub," kata Honda perihal mengiyakan kontrak unik dari Paro FC dikutip dari Kuensel Online, Kamis (15/8/2024).

Pesepak bola legendaris Jepang, Keisuke Honda bermain untuk klub Buthan, Paro FC di laga preliminary AFC Challenge League 2024, Rabu (14/8/2024). [Dok. IG Keisuke Honda]Pesepak bola legendaris Jepang, Keisuke Honda bermain untuk klub Buthan, Paro FC di laga preliminary AFC Challenge League 2024, Rabu (14/8/2024). [Dok. IG Keisuke Honda]

Honda mengaku sepertinya tidak akan memperpanjang masa baktinya bersama Paro FC. Dia akan menyelesaikan kontraknya sesuai kesepakatan yakni hanya bermain satu pertandingan.

Baca Juga: Sederet Bintang Jepang Komentari Timnas Indonesia Jelang Duel di Kualifikasi Piala Dunia, Terbaru Eks Pemain Liverpool

"Saat ini saya belum bisa mengatakan apakah saya akan tinggal lebih lama, tetapi kemungkinan besar saya tidak akan memperpanjang kontrak," jelas Honda.

Profil Keisuke Honda

Keisuke Honda adalah salah satu pesepak bola asal Jepang yang berhasil mengukir sejarah di kompetisi Eropa.

Lahir di Osaka, Jepang, pada 13 Juni 1986, Honda memulai perjalanannya di dunia sepak bola bersama Settsu FC, Gamba Osaka, dan Seiryo High School.

Bakatnya yang menonjol membuatnya mendapat tempat di tim kasta tertinggi Liga Jepang, Nagoya Grampus Eight, pada tahun 2005.

Setelah tiga musim bermain di J1 League, Honda mengambil langkah besar dengan hijrah ke Eropa.

Pada tahun 2008, ia bergabung dengan VVV-Venlo, klub Eredivisie Belanda. Kepindahan ini menjadi awal dari petualangannya di Benua Biru.

Tahun 2009, Honda melanjutkan kariernya di Rusia bersama CSKA Moscow. Di sana, ia menandatangani kontrak selama empat tahun dan membuat debut di UEFA Champions League melawan Sevilla.

Pesepak bola legendaris Jepang, Keisuke Honda bermain untuk klub Buthan, Paro FC di laga preliminary AFC Challenge League 2024, Rabu (14/8/2024). [Dok. IG Keisuke Honda]Pesepak bola legendaris Jepang, Keisuke Honda bermain untuk klub Buthan, Paro FC di laga preliminary AFC Challenge League 2024, Rabu (14/8/2024). [Dok. IG Keisuke Honda]

Bersama CSKA Moscow, Honda meraih sejumlah gelar bergengsi, termasuk Liga Primer Rusia 2012/2013, dua Piala Rusia (2010/2011 dan 2012/2013), serta Piala Super Rusia pada tahun 2013.

Pada 27 Oktober 2013, AC Milan mengumumkan perekrutan Keisuke Honda dengan status bebas transfer. Honda menjalani debutnya di Serie A pada 12 Januari 2014, menggantikan Robinho dalam laga melawan Sassuolo.

Bersama I Rossoneri, Honda berhasil meraih Supercoppa Italiana 2016, menjadi satu-satunya gelar yang ia dapatkan bersama klub tersebut.

Setelah petualangannya di Milan, Honda melanjutkan kariernya dengan berkeliling dunia, memperkuat berbagai klub di berbagai liga.

Ia sempat bermain untuk Pachuca di Meksiko, Melbourne Victory di Australia, Vitesse di Belanda, Botafogo di Brasil, Portimonense di Portugal, Neftci Baku di Azerbaijan, dan saat ini membela klub Lithuania, FK Suduva.

Selain karier cemerlang di level klub, Keisuke Honda juga menjadi pilar penting Timnas Jepang. Sejak bergabung dengan timnas U-20, U-23, hingga senior, Honda telah mencatatkan 98 penampilan dan mencetak 37 gol.

Salah satu prestasi terbaiknya bersama timnas adalah membawa Jepang meraih gelar Piala Asia 2011.

Honda juga tercatat tampil dalam tiga edisi Piala Dunia berbeda, yakni pada tahun 2010, 2014, dan 2018. Dedikasinya untuk Timnas Jepang membuatnya dikenang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Negeri Sakura.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #legenda #keisuke #honda #kaisar #jepang #yang #punya #kontrak #unik #kompetisi #cuma #main #laga

KOMENTAR