Profil Adam Mohammad, Wasit Asing Semen Padang vs Borneo FC yang Mirip Pierluigi Collina
Adam Mohammad, wasit asing Semen Padang vs Borneo FC. (Instagram/sports.indosiar)
21:12
12 Agustus 2024

Profil Adam Mohammad, Wasit Asing Semen Padang vs Borneo FC yang Mirip Pierluigi Collina

Sosok wasit asing bernama Adam Mohammad mencuri perhatian publik setelah bertugas sebagai pengadil laga antara Semen Padang melawan Borneo FC dalam duel pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025.

Adam Mohammad memang bertugas sebagai wasit utama dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (12/8/2024) malam WIB. Sosoknya langsung menjadi perbincangan publik karena wajahnya familiar.

Pasalnya, wajah Adam Mohammad mengingatkan para penonton terhadap sosok wasit legendaris asal Italia, Pierluigi Collina. Itu karena pengadil asal Yordania itu berkepala plonthos dengan tubuh tinggi dan kurus.

“Adam Mohammad (kanan), wasit asal Yordania, menjadi wasit asing pertama yang memimpin laga BRI Liga 1 2024/2025,” bunyi ulasan akun @sports.indosiar saat memperkenalkan sosok pengadil tersebut.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Eks Andalan STY Cetak Gol Unik, Borneo FC Hajar Semen Padang 3-1

Lalu, siapakah sebetulnya Adam Mohammad? Bagaimana rekam jejak wasit asing pertama di BRI Liga 1 musim ini tersebut di dunia perwasitan? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Profil Adam Mohammad

Sebagai informasi, Adam Mohammad merupakan salah satu wasit dengan jam terbang tinggi yang dimiliki oleh Yordania. Sebab, dia sudah cukup lama mendapatkan penugasan untuk memimpin laga-laga internasional.

Adam Mohammad tercatat lahir di Irbid, Yordania, tepatnya pada 13 Februari 1987. Itu berarti bahwa lelaki bernama lengkap Adam Mohammad Tumah Makhadmeh itu saat ini telah berusia 37 tahun. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Suara.com, Adam Mohammad sudah mengantongi lisensi perwasitan FIFA sejak tahun 2013. Dengan demikian, dia sudah mengenyam penugasan internasional selama 11 tahun.

Baca Juga: Update Kondisi Julian Guevara, Mata Dilaporkan Bengkak dan Pelipis Robek

Jika merujuk laman Soccerway, laga internasional pertamanya ialah memimpin pertandingan uji coba antara Qatar melawan Lebanon pada medio 31 Januari 2013. Di tahun yang sama, dia juga bertugas pada SAFF Championship alias Piala Asia Selatan.

Dalam beberapa momen, dia juga sempat mendapatkan penugasan untuk memimpin laga-laga Piala AFF. Bahkan, Adam Mohammed juga dipercaya untuk menjadi wasit pada ajang Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Rekam jejaknya juga termasuk mentereng karena pernah menjadi salah satu wasit yang bertugas pada Piala Dunia U-20 2019. Hal ini membuktikan bahwa dia bukanlah pengadil yang sembarangan.

Sebab, Adam Mohammad telah kenyang pengalaman dalam memimpin pertandingan-pertandingan elite, tak hanya di kancah Asia, tetapi juga level dunia.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #adam #mohammad #wasit #asing #semen #padang #borneo #yang #mirip #pierluigi #collina

KOMENTAR