Kisah Pelatih Striker Timnas Indonesia Berduel dengan Lionel Messi di Piala Dunia  2010
Shin Tae-yong dirumorkan menunjuk mantan anak asuhnya Yeom Ki-hun sebagai asisten pelatih di Timnas Indonesia. [Instagram @kihun_yeom_26]
09:00
8 Agustus 2024

Kisah Pelatih Striker Timnas Indonesia Berduel dengan Lionel Messi di Piala Dunia 2010

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali mendatangkan asisten baru, Yeom Ki-hun, untuk membantunya. Sosok ini pernah berduel dengan Lionel Messi saat masih aktif bermain memperkuat Timnas Korea Selatan.

Kehadiran Yeo Ki-hun itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dia bilang, Shin Tae-yong butuh asisten baru yang secara khusus bisa meningkatkan kemampuan para penyerang Timnas Indonesia.

"Untuk memperkuat Timnas harus memperkuat tim, medis, pelatih. Kalau pelatih salah satu kelemahan kita ketika bermain beberapa kali waktu lawan Irak, kita tidak bisa menciptakan gol tapi kena 2 kali [kebobolan]," ucap Erick di Jakarta, Selasa (6/8).

"Jadi bagaimana meningkatkan kualitas dari kiper dan striker ya dengan menghadirkan pelatih yang lebih baik. Pelatih kiper kita baik, sekarang Shin Tae-yonh menambah pelatih striker,” ia menambahkan.

Baca Juga: Siapa Gati Birowo? Pemain Klub Australia Brisbane City FC yang Dipanggil Timnas Indonesia

Profil Yeom Ki-hun memang cukup mentereng. Paslanya, dia pernah memperkuat Timnas Korea Selatan dalam durasi yang cukup lama, akni mulai 2006 hingga 2018. Selama periode itu, dia mencetak lima gol dari 57 pertandingan.

Yang terakhir, dia sempat menjadi pelatih Suwon Samsung Bluewings pada periode 2023-2024. Setelah menganggur, Yeom akhirnya mendapatkan tawaran dari Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Indonesia.

Duel Yeom Ki-hun vs Lionel Messi

Salah satu momen menarik dari perjalanan karier Yeom Ki-hun ialah ketika dia berduel dengan megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi. Saat itu, Yeom masih aktif memperkuat Timnas Korea Selatan.

Dia mendapatkan kesempatan untuk berduel langsung dengan La Pulga, julukan Lionel Messi, ketika Korea Selatan menghadapi Argentina pada pertandingan Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Soccer City, Johannesburg, 17 Juni 2010.

Baca Juga: Netizen Sindir Ronaldo Kwateh Gabung ke Muangthong United: Tetap Semangat Walaupun Hanya Sekadar Dimanfaatkan Doang

Sayangnya, Yeom Ki-hun yang saat itu bermain sebagai starter harus mengakui keunggulan La Albiceleste. Sebab, Korea Selatan dihajar dengan skor 1-4. Messi memang tak mencetak gol pada pertandingan ini.

Sebab, tiga gol Argentina diborong oleh Gonzalo Higuain (33’, 76’, dan 80’). Adapun satu gol lainnya tercipta lewat gol bunuh diri Park Chu-young (16’). Satu gol balasan Korea Selatan dicetak oleh Lee Chung-yong.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kisah #pelatih #striker #timnas #indonesia #berduel #dengan #lionel #messi #piala #dunia #2010

KOMENTAR