Publik Vietnam Gemetar! Ngeri Jika Timnas Indonesia Full Team di ASEAN Cup 2024
Timnas Indonesia bisa mentas dengan kekuatan penuh di ASEAN Cup 2024. (Dok. PSSI)
16:00
6 Agustus 2024

Publik Vietnam Gemetar! Ngeri Jika Timnas Indonesia Full Team di ASEAN Cup 2024

Media Vietnam mengklaim bahwa timnas Indonesia menjadi tim yang paling diuntungkan karena jadwal ASEAN Cup 2024 atau Piala AFF yang diundur.

ASEAN Cup 2024 awalnya direncanakan pada 23 November sampai 21 Desember 2024. Momen itu bertabrakan dengan agenda skuad Garuda yang juga mentas di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Akan tetapi, turnamen antarnegara Asia Tenggara ini ternyata mengalami perubahan jadwal. Dari laporan akun X @theasenaball, ASEAN Cup 2024 dimulai 9 Desember 2024 sampai 4 Januari.

Jadwal yang berubah ini karena AFF ingin menghindari jadwal agenda tim Asia di ajang AFC Champions League Elite serta AFC Champions League 2.

Baca Juga: PSSI Bongkar Alasan Laga Timnas Indonesia vs Australia Pindah Venue dari GBT ke GBK

Penunjukkan Shin Tae-yong untuk hadapi Piala AFF 2024 akan jadi ajang pembuktian diri (pssi.org)Penunjukkan Shin Tae-yong untuk hadapi Piala AFF 2024 akan jadi ajang pembuktian diri (pssi.org)

Media Vietnam lantas menyoroti hal ini dengan menyebut timnas Indonesia menjadi yang paling diuntungkan.

"Penyelenggara ASEAN Cup membuat titik balik (ubah jadwal). Indonesia mendapatkaan manfaat besar dan menjadi tim paling diuntungkan saat ASEAN Cup 2024 ditunda," tulis laporan The Thao247.

Dengan jadwal baru, timnas Indonesia tidak akan dipusingkan dengan jadwal yang padat di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan ASEAN Cup 2024.

Sebelumnya PSSI mengatakan Shin Tae-yong akan tetap menangani timnas Indoonesia untuk ASEAN Cup 2024. Namun, pemainnya bakal menggunakan U-23.

Kini dengan perubahan jadwal, Shin Tae-yong diyakini bisa memanggil pemain terbaik. Apalagi jadwal terbaru memungkinkan skuad Garuda memanggil pemain abroad.

Baca Juga: Australia Justru yang Umumkan Pindah Venue Saat Tandang Lawan Timnas Indonesia, Netizen Soroti PSSI

"Di saat yang sama, Shin Tae-yong bisa menambah kekuatan untuk mendapatkan pemain yang diinginkan. Waktu penjadwalan ulang ASEAN Cup hampir bertepatan dengan libur musim dingin liga Eropa," jelas laporan media Vietnam.

"Timnas Indonesia memiliki banyak naturalisasi yang bermain di negara-negara kawasan," imbuhnya.

Adapun di ASEAN Cup 2024, timnas Indonesia tergabung segrup bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, serta Laos.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #publik #vietnam #gemetar #ngeri #jika #timnas #indonesia #full #team #asean #2024

KOMENTAR