3 Anak Didik Neil Critchley Pelatih Anyar Elkan Baggott yang Jadi Pemain Bintang
Elkan Baggott resmi dipinjamkan Ipswich Town ke klub yangd dilatih oleh Neil Critchley. [Instagram]
14:42
6 Agustus 2024

3 Anak Didik Neil Critchley Pelatih Anyar Elkan Baggott yang Jadi Pemain Bintang

Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott resmi melanjutkan karier di klub kasta ketiga Liga Inggris, Blackpool.

Elkan Baggott resmi dipinjamkan Ipswich Town ke klub yangd dilatih oleh Neil Critchley. Sosok pelatih Blackpool ini ternyata memiliki rekam jejak cukup moncer untuk melahirkan pemain bintang di Liga Inggris.

Neil juga bukan sosok asing di Blackpool. Tahun ini jadi musim kedua pelatih 45 tahun itu melatih Blackpool.

Pelatih Blackpool Neil Critchley [kanan] bersama dengan legenda Liverpool, Steven Gerrard [theanfieldwrap.com]Pelatih Blackpool Neil Critchley [kanan] bersama dengan legenda Liverpool, Steven Gerrard [theanfieldwrap.com]

Pada 2020, Neil Critchley sempat melatih Blackpool selama dua musim. Pada 2 Juni 2022, ia menjadi asisten pelatih Steven Gerrard di Aston Villa.

Baca Juga: 3 Pesaing Elkan Baggott untuk Jadi Pemain Inti di Blackpool, Ada Andalan Marcelo Bielsa

Dikutip dari laman Transfermarkt, Neil Critchley merupakan tipikal pelatih yang mampu jadikan pemain muda menjelam jadi bintang.

Berikut 3 anak didik Neil Critchley, pelatih anyar Elkan Baggott yang menjadi bintang di Liga Inggris:

Trent Alexander-Arnold

Pada musim 2014/15, Neil dipercaya untuk menjadi pelatih tim muda Liverpool. Kala itu tim muda Liverpool dihuni seorang pemain yang kini jadi bintang Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

Alexander-Arnold merupakan produk jebolan akademi Liverpool. Boleh dibilang, Neil menjadi pelatih yang sedari awal percaya Alexander-Arnold bakal jadi pemain bintang.

Baca Juga: Perbandingan Klub Baru Elkan Baggott vs Justin Hubner, Lebih Bagus Mana?

Pemain Liverpool Trent Alexander-Arnold merayakan golnya ke gawang Fulham pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris di Anfield di Liverpool, Inggris, pada 3 Desember 2023. Paul ELLIS / AFPPemain Liverpool Trent Alexander-Arnold merayakan golnya ke gawang Fulham pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris di Anfield di Liverpool, Inggris, pada 3 Desember 2023. Paul ELLIS / AFP

"Salah satu kualitas utamnya ialah kepribadiaannya. Dia punya kepala dingin, namun semangat membara. Dia tipikal pemain yang benci dengan kekalahan," ungkap Neil tentang Alexander-Arnold seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (6/8/2024).

Namun diakui oleh Neil, saat masih di tim akademi Liverpool, Alexander-Arnold kerap meledak-ledak. Ia cukup kesulitan mengontrol emosinya.

"Saat ia masih muda, dia tidak tahu bagaimana mengontrol emosi. Dia bisa melempar botol minuman jika permainannya tidak bagus," ungkap Neil.

Neco Williams

Selain Alexander-Arnold, Neil juga merupakan pelatih bintang Wales, Neco Williams. Neil melatih Neco saat ia masih bergabung di tim U-23 Liverpool.

Seperti diketahui, Neco Williams disebut sebagai salah satu full back terbaik di Liga Inggris. Saat ini, Neco bermain untuk klub Nottingham Forest.

Neco Williams (twitter/@necowilliams01)Neco Williams (twitter/@necowilliams01)

Pada 2020, Neil memberikan pujian khusus kepada Neco. Menurut Neil, Neco Williams menjadi salah satu pemain muda paling potensial.

"Dia memiliki permainan yang brilian, namun itulah Neco. Saya pikir dia luar biasa. Dia selalu bergerak selama 90 menit, dia mampu bertahan dan memainkan skema menyerang," puji pelatih Elkan Baggott itu.

Curtis Jones

Terakhir ada gelandang masa depan Inggris, Curtis Jones. Neil dan Curtis bekerjasama di tim U-23 Liverpool pada 2013.

Curtis Jones yang saat ini jadi salah satu andalan lini tengah Liverpool bahkan mengaku peran besar Neil pada kariernya.

Menurut Curtis Jones, sosok Neil ialah pelatih yang membuatnya bangkit dan terus berkarier lebih baik.

Gelandang sentral Liverpool, Curtis Jones (kanan). [Michael Regan / POOL / AFP]Gelandang sentral Liverpool, Curtis Jones (kanan). [Michael Regan / POOL / AFP]

"Dia sangat berarti bagi saya. Dia pelatih yang hebat, berkarakter dan pribadi yang bagus," puji Curtis Jones untuk Neil seperti dilansir dari laman resmi Liverpool.

"Dia telah banyak membantu saya dan bahkan memberikan ban kapten. Dia terus mendorong saya ke level berikutnya, menjadi pemain dan pemimpin," terangnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #anak #didik #neil #critchley #pelatih #anyar #elkan #baggott #yang #jadi #pemain #bintang

KOMENTAR