Breaking News! Matthew Baker Resmi Mengundurkan Diri dari Skuad Australia U-17
Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)
13:00
3 Agustus 2024

Breaking News! Matthew Baker Resmi Mengundurkan Diri dari Skuad Australia U-17

Bek keturunan Indonesia, Matthew Baker resmi mengundurkan diri dari skuad Australia U-17. Hal itu dikonfirmasi federasi sepak bola Australia melalui laman resminya, Socceroos, pada Sabtu (3/8/2024) siang WIB.

"Mathew Baker (Melbourne City FC) telah mengundurkan diri dari skuad dan akan digantikan oleh Logan Sambrook (North Coast Football)," tulis federasi sepak bola Australia.

Keputusan bek berusia 15 tahun itu sejatinya sudah bisa diprediksi setelah dia dan keluarga berkomitmen untuk tetap membela Timnas Indonesia U-16.

Matthew Baker sebelumnya jadi rebutan Timnas Indonesia U-16 dan Australia U-17 jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Baca Juga: Meski Seolah Dendam Kesumat, Media Vietnam Mau Akui Perkembangan Timnas Indonesia

Baker dipanggil ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16 pada 30 Juli dan sehari berselang dirinya juga dapat panggilan Australia U-17.

Australia U-17 secara aturan FIFA memang berhak memanggil Matthew Baker yang sejauh ini masih berstatus anak pemegang paspor ganda terbatas.

Sebelum menentukan status kewarganegarannya pada usia 18 tahun, Matthew Baker masih bisa membela antara Timnas Indonesia dan Australia di level kelompok umur.

Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker (kanan) dipanggil Timnas Australia untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. [Dok. PSSI]Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker (kanan) dipanggil Timnas Australia untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. [Dok. PSSI]

Meski demikian, PSSI buru-buru beraksi dengan bertemu keluarga Matthew Baker. Hasilnya, pemain yang fasih memainkan posisi bek sayap hingga gelandang bertahan ini berkomitmen untuk tetap bersama skuad Garuda.

Sebelum mengundurkan diri, nama Matthew Baker masuk dalam daftar 24 pemain yang dipanggil pelatih Brad Maloney ke Timnas Australia U-17.

Baca Juga: Here We Go! Indra Sjafri Incar 5 Pemain Diaspora Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Performa apik Baker bersama Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 mungkin jadi salah satu alasan Australia U-17 tertarik memanggilnya.

Baker menjadi salah satu pilar penting tim asuhan Nova Arianto untuk meraih predikat ketiga terbaik Piala AFF U-16 2024 di Solo pada Juni lalu.

Keputusan Baker untuk menolak Australia U-17 membuat sang pemain akan menghadapi negara dari ayahnya itu pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober mendatang.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-16 masuk Grup G bersama Australia, Kuwait dan Mariana Utara.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #breaking #news #matthew #baker #resmi #mengundurkan #diri #dari #skuad #australia

KOMENTAR