Terkuak Latar Belakang Pelatih Australia yang Mau Bajak Matthew Baker: Ada Dendam Pribadi?
Pelatih Malaysia U-23 Brad Maloney. (Twitter/@Bradleymaloney)
21:36
31 Juli 2024

Terkuak Latar Belakang Pelatih Australia yang Mau Bajak Matthew Baker: Ada Dendam Pribadi?

Publik sepak bola nasional dibuat kaget dengan pengumuman dari PSSI-nya Australia terkait pemanggilan pemain Timnas U-17 Australia untuk dua laga uji coba.

Pelatih Australia U-17 Brad Maloney seperti dilihat Suara.com dari unggahan akun resmi FA Austrlia, Rabu (31/7/2024), memanggil pemain Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker.

Dalam daftar nama pemain yang dipanggil untuk melawan Kep Solomon U-16 dan Vanuatu U-20, Baker menjadi salah satu pemain yang dipanggil pelatih Australia.

Sontak saja pengumuman dari pihak PSSI-nya Australia ini membuat publik sepak bola Indonesia menjadi heboh. Terkait hal ini PSSI pun sampai buka suara.

Baca Juga: Matthew Baker Bukan yang Pertama, Australia juga Pernah Bajak Satu Pemain Keturunan Indonesia

Matthew Baker tanggapi undangan timnas Australia dengan pasang foto berselimutkan bendera merah putih. (Suara.com)Matthew Baker tanggapi undangan timnas Australia dengan pasang foto berselimutkan bendera merah putih. (Suara.com)

Menurut Exco PSSI, Arya Sinulingga, Baker tetap bergabung di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16.

“Dia akan tetap bergabung di TC kita, tanggal 1 ya, di Bali. Sesuai dengan undangan kita. Jadi tadi sudah kita, PSSI, sudah bicara dengan keluarganya. Mereka tetap komitmen bersama kita,” kata Arya seperti dikutip dari rekaman audio yang diterima pewarta.

Baker sebelumnya sudah pernah bermain untuk timnas Indonesia U-16 pada ajang Piala AFF U-16 2024 awal Juli silam. Ia bahkan turut bermain dan mencetak satu assist saat Indonesia U-16 kalah 3-5 dari Australia pada ajang tersebut.

Menariknya, sosok pelatih Australia, Brad Maloney rupanya memiliki rekam jejak tersendiri bagi sepak bola Indonesia.

Dikutip dari data Transfermarkt, Maloney cukup lama menjadi pelatih di negeri tetangga Malaysia. Tercatat ia sudah 8 tahun melatih di Negeri Jiran.

Baca Juga: 3 Bek Kiri yang Bisa Gantikan Mathew Baker jika Pindah Bela Australia

Ia pertama menginjak kaki ke Malaysia pada 2014. Kala itu ia ditunjuk menjadi asisten pelatih Malaysia, Ong Kim Swee.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto dan Pelatih Australia U-16 Brad Maloney saat jmpya pers jelang semifinal Piala AFF U-16 2024. (dok.PSSI) Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto dan Pelatih Australia U-16 Brad Maloney saat jmpya pers jelang semifinal Piala AFF U-16 2024. (dok.PSSI)

Pada 22 Mei 2022, Maloney dibuat malu oleh skuat Merah Putih. Di laga perebutan medali Perunggu SEA Games 2022, Malaysia yang dilatih Maloney kalah 3-4 dari Timnas Indonesia U-23.

Saat itu tim besutan Shin Tae-yong bikin Malaysia U-23 kalah adu penalti setelah di waktu normal bermain imbang 1-1.

Namun pada semifinal Piala AFF U-16, Maloney yang melatih tim u-16 Australia berhasil kalahkan Timnas Indonesia U-16 dengan skor 3-5.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #terkuak #latar #belakang #pelatih #australia #yang #bajak #matthew #baker #dendam #pribadi

KOMENTAR