Profil Ikram Alghifari, Kiper Terbaik Piala AFF U-19 2024 dari Ranah Minang
Ikram Alghifari kiper terbaik Piala AFF U-19 2024. [Dok.Istimewa]
19:12
30 Juli 2024

Profil Ikram Alghifari, Kiper Terbaik Piala AFF U-19 2024 dari Ranah Minang

Nama pesepak bola muda Ikram Alghifari sedang jadi pembicaraan publik. Anak asuh Indra Sjafri itu baru saja membawa Timnas Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Thailand dengan 1-0 dalam laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam.

Ikram Alghifari menjadi kiper terbaik Piala AFF U-19 2024. Sedangkan pemain terbaik disabet Dony Tri Pamungkas. Keduanya tampil apik sepanjang bergulirnya turnamen bergengsi Asia Tenggara itu.

Lantas, siapa Ikram Alghifari?

Ikram Alghifari lahir di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) pada tanggal 6 Januari 2006. Kiper dengan tinggi 185 cm itu merupakan anak sulung dari 6 orang bersaudara. Semua adiknya laki-laki.

Ikram Alghifari pernah bersekolah di SMP Negeri 1 Tarusan, Pesisir Selatan. Kemudian, melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 4 Padang. Dia juga menempuh pendidikan sepak bola di Sekolah Sepak Bola (SSB) Remaja Tarusan.

Sejak kecil, Ikram sudah memiliki minat yang tinggi terhadap sepak bola. Setelah menekuni sepak bola di SSB Remaja Tarusan 2016, Ikram terpilih sebagai siswa di Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021.

Tahun 2021-2022, Ikram pernah bergabung di PSP Padang U-15. Kemudian, pada 3 November 2022, Ikram direkrut oleh klub Liga 2 Indonesia, Semen Padang FC. Debutnya di Timnas U-17 pada 31 Agustus 2023 dan berlaga di Piala Dunia U-19 2023 di Indonesia.

Ikram Alghiffari telah mewakili Indonesia di level U-17. Dia adalah salah satu dari dua pemain dari Sumatera Barat yang terpilih untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia di ajang Piala Dunia U-17. Sebelumnya Ikram juga lolos sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia U-16 pada tahun 2022.

Ikram Alghifari telah menunjukkan potensi besar dan diharapkan dapat terus berkembang menjadi pemain profesional. Dia telah memperkuat Timnas Indonesia hingga level junior dan diharapkan akan terus memperkuat Timnas Indonesia hingga level senior.

Keberhasilan Ikram Alghifari di kancah sepak bola Tanah Air menjadi perhatian Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Menurutnya, Ikram telah menginspirasi generasi muda Sumbar untuk berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

"Meskipun kita berasal dari daerah yang sarana prasarananya terbatas, namun ketika dijalani dengan serius dan penuh semangat, bukan tidak mungkin, kita akan berprestasi di tingkat nasional. Ikram telah membuktikan itu," kata Mahyeldi, Selasa (30/7/2024).

Menurut Mahyeldi, sosok Ikram patut dijadikan contoh bagi generasi muda. Dia tidak hanya serius dalam menekuni cita-citanya, tapi ia juga menjaga postur dan kebugaran diri.

"Saat bertemu dengan Ikram beberapa waktu lalu, saya melihat anak ini memiliki potensi yang besar di sepak bola. Postur badannya tinggi dan tegap, sangat ideal untuk posisi itu," kata Mahyeldi.

Dia pun berharap agar anak-anak muda di Sumbar menekuni hoby yang positif hingga berbuah jalan kesuksesan.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #profil #ikram #alghifari #kiper #terbaik #piala #2024 #dari #ranah #minang

KOMENTAR