Peri Sandria: Striker Tajam yang Pernah Jadi Asisten Bareng Murid Shin Tae-yong
Peri Sandria. (Instagram/@perisandria.8)
10:48
26 Juli 2024

Peri Sandria: Striker Tajam yang Pernah Jadi Asisten Bareng Murid Shin Tae-yong

Indonesia pernah memiliki salah sriker yang begitu tajam di kompetisi lokal. Dia adalah penyerang asal Binjai, yakni Peri Sandria.

Ia sampai saat ini masih memegang rekor penyerang lokal paling gacor di Liga Indonesia, yakni dengan catatan 34 gol ketika membela Bandung Raya pada musim 1994/1995.

Peri Sandria. (instagram/perisandria.8)Peri Sandria. (instagram/perisandria.8)

Rekor itu bahkan sempat tak bisa dipatahkan penyerang asing sekalipun, sebelum akhirnya Sylvano Comvalius yang membela Bali United memecahkannya pada Liga 1 2017.

Pada musim itu, penyerang asal Belanda tersebut berhasil menorehkan 37 gol dalam semusim. Rekor Peri Sandria pun terpecahkan, tetapi oleh striker asing.

Baca Juga: Timnas Cina Pilih Lokasi yang Jauh Saat Jamu Indonesia, Taktik Lemahkan Skuad STY?

Sylvano Comvalius (kanan) bersama Cristian Gonzales dalam acara Awarding Night Liga 1 2017 di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2017) kemarin. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]Sylvano Comvalius (kanan) bersama Cristian Gonzales dalam acara Awarding Night Liga 1 2017 di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2017) kemarin. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Selama kariernya, Peri Sandria membela beberapa klub selain Bandung Raya, yakni Krama Yudha Tiga Berlian, Assyabaab Salim Grup, Putra Samarinda, Persib Bandung, dan pensiun di Perskabo pada 1999.

Jadi Asisten Bareng Murid Shin Tae-yong

Setelah pensiun menjadi pemain, Peri Sandria melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Mulai dari Persipo, PS Siak, Persipon Pontianak, hingga menjadi asisten bareng murid Shin Tae-yong, Nova Arianto, pada 2014.

Ia bersama Nova Arianto menjadi asisten Dejan Antonic di Pelita Bandung Raya. Kolaborasi keduanya pun sepertinya memberikan dampak yang manis.

Pelatih Timnas Indonesia muda Nova Arianto (@timnas.indonesia)Pelatih Timnas Indonesia muda Nova Arianto (@timnas.indonesia)

Terbukti, Pelita Bandung Raya tampil gemilang ajang Indonesia Super League (ISL) musim 2014. Meski tak juara, Pelita Bandung Raya membuat kejutan dengan tembus ke semifinal, tetapi kalah dari Persipura Jayapura dengan skor 2-0.

Baca Juga: Trending di X Usai Diberikan ke Shin Tae-yong, Apa Itu Golden Visa?

Peri Sandria kini masih meneruskan karier kepelatihannya sebagai asisten pelatih di klub BRI Liga 1, Persita Tangerang. Sementara Nova Arianto menjadi asisten Shin Tae-yong dan kini dipercaya menangani Timnas Indonesia U-16.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #peri #sandria #striker #tajam #yang #pernah #jadi #asisten #bareng #murid #shin #yong

KOMENTAR