September Penentu! Nasib Maarten Paes Bela Timnas Indonesia Disorot MLS
Kiper Indonesia, Maarten Paes berlatih bersama skuad MLS All-Star 2024. [Dok. Instagram/@maartenpaes]
13:42
24 Juli 2024

September Penentu! Nasib Maarten Paes Bela Timnas Indonesia Disorot MLS

Laman resmi Major League Soccer (MLS) ikut menyoroti Maarten Paes yang masih terganjal aturan FIFA untuk membela timnas Indonesia.

Nama Maarten Paes melejit di MLS. Sebab, kiper FC Dallas ini terpilih sebagai pemain yang masuk MLS All Star 2024 jalur vote dari fans.

Diakui bahwa Indonesia punya komunitas yang sangat besar untuk memberikan dukungan terhadap Maarten Paes yang memang sudah menyandang status WNI sejak April 2024 lalu.

Sayangnya meski sudah berstatus WNI, penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut masih belum bisa memperkuat timnas Indonesia. Sebab, perpindahan federasinya masih terganjal aturan.

Baca Juga: 3 Pemain Terbaik Timnas Indonesia saat Hancurkan Timor Leste di Piala AFF U-19 2024, No.3 Buka Keran Gol

Maarten Paes buka suara soal kabar dirinya gabung Empoli. (Instagram/@maartenpaes)Maarten Paes buka suara soal kabar dirinya gabung Empoli. (Instagram/@maartenpaes)

Hal itu karena Maarten Paes pernah bermain di Belanda U-21 ketika usianya sudah melebihi 22 tahun.

"Peralihan untuk memenuhi syarat bermain dengan timnas Indonesia masih bergantung pada proses banding FIFA yang sedang dipertimbangkan CAS," tulis laporan di laman resmi MLS.

"Sebab, Maarten Paes mewakili Belanda junior dan pertanyaan apakah ia terikat dengan negara tersebut bergantung kepada penafsiran bahasa yang rumit di Statuta FIFA," sambungnya.

Maarten Paes sendiri mengatakan bahwa dirinya sudah tidak sabar untuk membela timnas Indonesia. Ia berharap segera memenuhi syarat di bulan September 2024 untuk melawan Arab Saudi dan Australia karena ingin membantu tim Merah Putih lolos ke putaran final Piala Dunia.

"Dengan Piala Dunia yang akan datang di sini (Amerika Serikat) dan babak kualifikasi, saya yakin bisa memainkan peran besar," jelas Paes.

Baca Juga: Pelatih Timor Leste Ungkap 3 Alasan Timnas Indonesia U-19 akan Juara Piala AFF U-19 2024

"Bagaimana jika saya bermain dalam pertandingan Piala Dunia yang digelar di Dallas bersama timnas Indonesia? Itu akan menjadi hal yang luar biasa," pungkasnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #september #penentu #nasib #maarten #paes #bela #timnas #indonesia #disorot

KOMENTAR