Perkembangan Golf Indonesia Dianggap Paling Menjanjikan di ASEAN
MST buka toko dan luncurkan produk terbaru perlengkapan olahraga golf di Sedayu Indo Golf, Jakarta, Kamis (18/1). (Istimewa)
11:23
19 Januari 2024

Perkembangan Golf Indonesia Dianggap Paling Menjanjikan di ASEAN

–Cabang olahraga golf belum begitu populer di Indonesia. Namun diyakini dalam beberapa tahun mendatang, golf bakal menjadi industri yang menjanjikan.

Untuk membangun talenta golf profesional, hadirnya brand menjadi penting untuk menunjang atlet. Brand-brand golf internasional bidik Indonesia sebagai pasar yang mempunyai potensi besar.

MST Golf Group Chief Executive Officer Ng Yap menyatakan, setelah pandemi Covid-19, Asia Tenggara menjadi wilayah kunci untuk brand-brand golf internasional.

”Indonesia menjadi negara yang paling penting,” ujar Ng Yap.

Dia mengaku optimistis Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk berkembang. Di Thailand diperkirakan ada sekitar 1 juta pegolf, di Malaysia sekitar 500 ribu. Malaysia, sebagian pegolf adalah usia menengah. Singapura lebih metropolitan, banyak ekspatriat.

”Di Indonesia jumlah pegolf masih jauh di bawah jumlah tersebut, namun potensi untuk berkembang sangat besar,” papar Ng Yap.

MST Golf kini bermitra dengan lebih dari 90 brand golf terkenal di dunia. Sebelum MST Golf membuka toko di Jakarta, banyak konsumen asal Indonesia berbelanja di MST Golf Malaysia dan Singapura.

”Thailand saat ini memimpin market di Asia Tenggara. Tapi saya sangat menyukai Indonesia. Mereka memiliki demografi yang lebih muda, yang benar-benar berbelanja, juga berpakaian bagus,” tutur Ng Yap.

”Kami melakukan market visit, kami pergi ke beberapa toko. Anda bisa melihat pegolf, mereka berusia 20-an dan 30-an, berpakaian rapi, serius dan berlatih. Dan tentu saja, kami bisa menentukan harga jual yang sangat bagus,” tambah dia.

Hal itu berbeda dengan di Malaysia yang lebih banyak pemain berusia menengah yang main golf.

”Jadi, dinamika pasar sangat kuat.  Momentumnya juga sangat kuat di Indonesia, dengan perkembangan negaranya juga,” terang Ng Yap.

MST saat sudah menjadi perusahaan yang masuk bursa Malaysia. Menurut Ng Yap, itu merupakan tahun yang menyenangkan. Sebab, pada 2023 berhasil mencatatkan saham sebagai perusahaan publik di Pasar Utama Bursa Malaysia.

”Tahun lalu penjualan kami cukup stabil. Kami tetap optimistis di tahun ini karena meluncurkan produk terbaik. Dengan dukungan berkelanjutan dan berusaha untuk terus memberikan pengalaman merek terbaik ke pasar,” kata Ng Yap.

Salah satu produk yang dijual di MST adalah TaylorMade, produk golf top dunia asal Amerika Serikat. Musim ini MST memilih Indonesia sebagai tempat peluncuran produk musim 2024, yaitu seri Qi10 Max. Acara diselenggarakan di Sedayu Indo Golf, Jakarta, Kamis (18/1), dihadiri ratusan tamu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Home Pro Staff TaylorMade Indonesia Andrey Atmadji menyatakan, pada saat launch begitu jelas mengetahui material stik yang digunakan. Bahkan dia mendapat kesempatan untuk mencoba di lapangan.

”Ada tiga tipe saya coba semua. Lebih dirasakan di head. Saya lebih gampang nyari speed untuk saya pukul,” tutur Andrey Atmadji.

Dia menambahkan, MST merupakan perusahaan retailer yang bermitra dengan lebih dari 90 brand golf terkenal di dunia. Memiliki 49 toko golf di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Toko pertama di Indonesia, yaitu di Jakarta, baru dibuka pada 12 Januari.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #perkembangan #golf #indonesia #dianggap #paling #menjanjikan #asean

KOMENTAR