Prediksi Timnas Indonesia vs Timor Leste: Laga Pamungkas Skuad Garuda ke Semifinal Piala AFF U-19 2024
Timnas Indonesia U-19. (X/@TimnasIndonesia)
07:54
23 Juli 2024

Prediksi Timnas Indonesia vs Timor Leste: Laga Pamungkas Skuad Garuda ke Semifinal Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia U-19 akan bertanding melawan Timor Leste U-19 dalam laga krusial di matchday ketiga Grup A Piala AFF U-19 2024. Pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Selasa (23/7/2024) pukul 19.30 WIB ini akan menentukan langkah Garuda Muda menuju babak semifinal.

Saat ini, Indonesia kokoh di puncak klasemen Grup A dengan raihan enam poin hasil dari dua kemenangan meyakinkan atas Filipina dan Kamboja.

Di sisi lain, Timor Leste menempati posisi kedua dengan tiga poin setelah meraih satu kemenangan dan satu kekalahan.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu poin tambahan untuk memastikan tiket ke babak semifinal.

Baca Juga: Indra Sjafri Santai Bek Timnas Indonesia Lebih Subur Gol: di Eropa Bukan Cuma Striker yang Cetak Gol

Peluang Garuda Muda untuk meraih hasil positif di laga ini terbuka lebar, mengingat performa mereka yang gemilang dan belum kebobolan satu gol pun.

Sementara itu, Timor Leste harus meraih kemenangan jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Cuplikan pertandingan Timor Leste vs Kamboja di Piala AFF U-19. (Instagram/@aff_aseanfootball)Cuplikan pertandingan Timor Leste vs Kamboja di Piala AFF U-19. (Instagram/@aff_aseanfootball)

Performa mereka yang belum konsisten menjadi kekhawatiran tersendiri, di mana mereka menang 3-2 atas Kamboja namun takluk 0-2 dari Filipina di laga sebelumnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, memprediksi dua kemungkinan strategi yang akan dijalankan Timor Leste.

Menurut Indra, Timor Leste bisa saja tampil terbuka dan bermain menyerang demi meraih kemenangan yang mereka butuhkan untuk lolos ke babak semifinal.

Baca Juga: Piala AFF U-19 2024: Indra Sjafri Ramalkan 2 Taktik Timor Leste untuk Hajar Timnas Indonesia

"Satu apakah Timor Leste akan melayani kita dengan permainan terbuka besok karena dia perlu menang," ujar Indra di sela-sela latihan di Lapangan Thor, Surabaya, Senin (22/7).

Namun, Indra tak menutup kemungkinan Timor Leste akan memilih strategi bertahan seperti yang diterapkan Kamboja saat melawan Indonesia di laga sebelumnya.

"Atau memang dia realistis seperti Kamboja kemarin, melayani kita dengan deep defending," imbuhnya.

Indra menegaskan, timnya siap menghadapi kedua kemungkinan strategi tersebut. Para pemain Garuda Muda telah dibekali dengan berbagai taktik dan strategi untuk menghadapi berbagai situasi di lapangan.

Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung sengit dan menarik.

Dukungan penuh dari para suporter di Stadion Gelora Bung Tomo diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi Garuda Muda untuk meraih kemenangan dan melaju ke babak semifinal.

Head to head

Indonesia dan Timor Leste telah bertemu dua kali di ajang Piala AFF U-19, yakni pada tahun 2013 dan 2019. Dalam kedua pertemuan tersebut, Garuda Muda selalu keluar sebagai pemenang tanpa kebobolan.

Pada pertemuan pertama di semifinal Piala AFF U-19 2013, Indonesia menang 2-0 atas Timor Leste melalui gol Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

Kemenangan telak kembali diraih Garuda Muda di fase grup Piala AFF U-19 2019, di mana skor akhir 4-0 mewarnai laga tersebut.

Gol-gol David Maulana, Salman Alfarid, Beckham Putra, dan Sutan Zico menjadi bukti dominasi Indonesia.

Statistik memihak Garuda Muda dalam laga ini. Kemenangan atas Timor Leste di dua pertemuan sebelumnya, ditambah performa gemilang di turnamen kali ini, menjadi modal besar bagi tim arahan Indra Sjafri.

Prediksi susunan pemain

Indonesia U-19 (3-4-2-1):

Ikrham Al Giffari; Alfarezzi Buffon, Iqbal Gwijangger, Kadek Arel; Mufli Hidayat, Kafiatur Rizky, Welber Jardim, Doni Try Pamungkas; Arly Abdulmanan, Rizky Afrisal; Jens Raven.

Pelatih: Indra Sjafri.

Timor Leste U-19 (3-5-2):

Alexandre Quintao; Aureo Viera, Fabrizio do Santos, Ricardo Bianco; Vabio Canavaro, Palomito Antonio, Edencio Soares, Rui Juman, Emidio Martins; Alexandro Bakhito, Luis Figo.

Pelatih: Eduardo Pereira.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #prediksi #timnas #indonesia #timor #leste #laga #pamungkas #skuad #garuda #semifinal #piala #2024

KOMENTAR