Siapa Marcus James Younis? Kapten Australia yang Heran Ada Pohon di Tribune Stadion 10 November
Marcus James Younis. (Dok. Footballaus)
10:06
22 Juli 2024

Siapa Marcus James Younis? Kapten Australia yang Heran Ada Pohon di Tribune Stadion 10 November

Stadion Gelora 10 November Surabaya bikin kapten Australia U-19, Marcus Younis, kaget sekaligus kagum dengan kondisi yang ada di stadion tersebut.

Younis mengaku kaget saat menjalani sesi latihan di Stadion Gelora 10 November karena melihat pohon-pohon besar yang tumbuh di dalam tribun penonton.

"Ini pertama kalinya bagiku [melihat ada pohon di dalam stadion]. Itu keren," kata Marcus James Younis pada Kamis (18/7) dikutip dari Antara.

''Rumputnya juga bagus dan ini stadion yang oke. Orang-orang sangat ramah, sejauh ini saya menikmati Surabaya,'' jelasnya.

Baca Juga: Hasil Piala AFF U-19 2024: Myanmar Diimbangi Laos, Australia Resmi ke Semifinal

Bukan tanpa alasan Marcus Younis dan Timnas Australia U-19 berada di Stadion Gelora 10 November. Mereka sedang ambil bagian dalam kompetisi Piala AFF U-19 2024 di Surabaya.

Australia ada di Grup B bersama Myanmar, Laos, dan Vietnam. Untuk sementara, mereka memuncaki klasemen hasil dua kemenangan.

Lantas, siapa sebetulnya Marcus Younis?

Sosok dengan nama lengkap Marcus James Younis ini lahir di Australia pada 3 Juli 2005. Usianya masih 19 tahun, tapi ia sudah punya banyak pengalaman di level profesional.

Karier sepak bolanya sudah semakin serius ketika Younis bergabung dengan akademi klub Australia, Western Sydney Wanderers pada 2017.

Baca Juga: Siap-siap Bantai Lagi! 3 Lawan Terberat Timnas Indonesia Jika Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2024

Dengan usia yang masih belasan tahun, Younis masih lebih banyak bermain untuk tim pelapis yaitu Sydney Wanderers II, tapi ia terus menunjukkan progres yang signifikan. 

Berposisi sebagai gelandang dan winger kanan, Marcus Younis akhirnya melakoni debut buat tim utama Sydney Wanderers pada Januari 2023 di Liga Australia (A-League).

Di musim 2022/23 itu, Younis baru mencatatkan tiga penampilan buat tim utama Sydney Wanderers dengan durasi total 31 menit.

Musim 2023/24 menjadi musim yang semakin gemilang buat Marcus James Younis. Ia total mencatatkan 10 pertandingan buat Sydney Wanderers di A League Men dengan torehan dua assist dan satu gol.

Di lain sisi, bersama Western Sydney Wanderers II, ia tampil 13 kali di NPL New South Wales (Liga 2 Australia) dengan torehan 8 gol dan 5 assist.

Untuk kariernya di Timnas Australia sendiri, Younis sudah menjadi bagian dari Australia U-18, U-19, hingga Australia U-20.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #marcus #james #younis #kapten #australia #yang #heran #pohon #tribune #stadion #november

KOMENTAR