3 Kiper Pendek Timnas Indonesia tapi Jago Penampilannya, Tak Hanya Ernando Ari
Kiper Timnas Indonesia Ernando Ari (dok Indtagram Ernando Ari)
09:06
22 Juli 2024

3 Kiper Pendek Timnas Indonesia tapi Jago Penampilannya, Tak Hanya Ernando Ari

Tinggi badan kiper Timnas Indonesia sering jadi sorotan karena dianggap punya postur yang pendek sebagai penjaga gawang.

Hal tersebut dialami juga oleh Ernando Ari Sutaryadi yang kerap menerima cibiran ini dari banyak pihak, karena dinilai memiliki tinggi badan yang kurang ideal sebagai seorang kiper.

Umumnya, orang mengira kiper yang memiliki postur tubuh jangkung dianggap memiliki jangkauan yang lebih baik dalam menghalau bola. Namun nyatanya, Ernando Ari juga memiliki kemampuan menepis bola penalti lawan beberapa kali.

Berbicara lebih luas dan sejarah, Timnas Indonesia sering diperkuat oleh para penjaga gawang dengan postur yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: Siap-siap Bantai Lagi! 3 Lawan Terberat Timnas Indonesia Jika Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2024

Memang ada beberapa kiper yang terlihat tinggi seperti Markus Horison di masa lampau dan kekinian ada Nadeo Argawinata. Tapi, bukan berarti tidak ada kiper pendek Timnas Indonesia yang payah penampilannya. Terbukti tiga kiper ini.

1. Ernando Ari

Ilustrasi berapa tinggi ideal kiper, Ernando Ari, kiper timnas, (Instagram @nandoariiiss)Ilustrasi berapa tinggi ideal kiper, Ernando Ari, kiper timnas, (Instagram @nandoariiiss)

Kiper yang juga menjadi pertahanan terakhir di Persebaya Surabaya ini sebenarnya sudah menjawab cibiran tersebut dengan banyak performa hebat.

Meski terlihat lebih pendek dari kawan-kawannya, sebenarnya tinggi Ernando Ari adalah 179 cm, yang notabene lebih tinggi dari rata-rata penduduk Indonesia yang hanya ada di angka 154 cm hingga 166 cm saja. 

Ernando juga membuktikan diri masih jadi yang terbaik dengan selalu dipanggil Shin Tae-yong di berbagai kelompok timnas.

Baca Juga: Jawaban Resmi! Alasan Legenda Timnas Indonesia Cristian Gonzales Mau Jual Rumah di Surabaya

2. Hendro Kartiko

Hendro Kartiko ketika berseragam Timnas Indonesia. (Stanley Chou/AFP).Hendro Kartiko ketika berseragam Timnas Indonesia. (Stanley Chou/AFP).

Posturnya kiper legendaris yang pernah membela berbagai klub besar di Indonesia ini bahkan lebih pendek dari Ernando. Hendro Kartiko tercatat cuma berpostur 175 cm.

Tapi postur itu tidak berpengaruh pada penampilan dan usia karirnya yang panjang. Hendro pernah membela klub besar Indonesia macam Persija, Persebaya, PSM Makassar, Arema Malang, hingga Sriwijaya.

Hendro juga selalu jadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia sejak 1996. Tercatat ia memiliki 60 caps buat Skuad Garuda selama lebih dari satu dekade.

3. Jendri Pitoy

Jendri Pitoy. (Facebook)Jendri Pitoy. (Facebook)

Satu lagi kiper Timnas Indonesia dengan postur di bawah 180 cm adalah mantan penjaga gawang Persipura Jayapura, Jendri Pitoy.

Sosok kelahiran Tomohon pada 15 Januari 1981 ini malang melintang memperkuat tim-tim Indonesia sejak tahun 2000 hingga pensiun pada 2018. Padahal, posturnya cuma 178 cm, beda satu senti dengan Ernando.

Tapi karirnya sebagai kiper begitu lengkap. Pitoy pernah menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia. Ia juga menjuarai Liga Super Indonesia dengan Persipura.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kiper #pendek #timnas #indonesia #tapi #jago #penampilannya #hanya #ernando

KOMENTAR