Cara Indra Sjafri Cegah Pemain Timnas Indonesia U-19 Besar Kepala, Belajar dari Angkatan Evan Dimas Cs?
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memimpin latihan anak asuhnya jelang menghadapi Kamboja U-19 dalam matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2024. [Dok. PSSI]
16:24
20 Juli 2024

Cara Indra Sjafri Cegah Pemain Timnas Indonesia U-19 Besar Kepala, Belajar dari Angkatan Evan Dimas Cs?

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menekankan pentingnya para pemain jauh dari hingar bingar sorot media dan pujian berlebihan. Hal itu menurutnya penting bagi masa depan para pemain muda.

Timnas Indonesia U-19 tampil trengginas saat mengawali Piala AFF U-19 2024 dengan menghancurkan Filipina 6-0 dalam matchday pertama Grup A, Rabu (17/7/2024).

Meski demikian, Indra Sjafri menjelaskan bahwa performa apik para pemainnya tidak perlu disambut oleh berbagai pujian berlebihan.

Hal itu menjadi cara Indra Sjafri untuk melindungi anak asuhnya, yang secara usia masih sangat muda dan perlu konsentrasi lebih dalam mengejar mimpi sebagai pesepak bola profesional.

Baca Juga: Pengamat: Jens Raven Mungkin Akan Jadi Starter saat Timnas Indonesia Lawan Kamboja

"Media harap bantu mereka supaya mereka nggak dipuji-puji," kata Indra Sjafri di sela sesi latihan Timnas Indonesia U-19 jelang menghadapi Kamboja, Jumat (19/7/2024).

"Perjalanan mereka masih panjang," tambahnya.

Pernyataan Indra Sjafri seakan menjadi isyarat bahwa dirinya belajar dari pengalaman 11 tahun lalu di mana Timnas Indonesia U-19 asuhannya menjuarai Piala AFF U-19 2013 di Tanah Air.

Indra Sjafri di sela-sela latihan, jelang lawan Timnas Kamboja U-19, di Lapangan Thor Surabaya. [SuaraJatim/Dimas Angga]Indra Sjafri di sela-sela latihan, jelang lawan Timnas Kamboja U-19, di Lapangan Thor Surabaya. [SuaraJatim/Dimas Angga]

Saat itu, skuad yang diperkuat Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan mendapat banyak pujian, bahkan sampai-sampai dibuatkan tur Nusantara di mana mereka menghadapi tim-tim U-21 dan Pra PON.

Media massa saat itu berbondong-bondong mengabarkan cerita dan kisah tentang para pemain Timnas Indonesia U-19. Akhirnya pun sudah tertebak, hasil yang diraih skuad Garuda Nusantara anti klimaks di turnamen penting.

Baca Juga: Hajar Brunei 0-11, Netizen Malaysia Congkak Nyinyir Timnas Indonesia U-19 Pakai Pemain Keturunan di Piala AFF U-19 2024

Ya, Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke Piala Asia U-19 2924 di Myanmar. Namun, tim asuhan Indra Sjafri babak belur.

Evan Dimas dan kawan-kawan finis sebagai juru kunci Grup B tanpa poin setelah berturut-turut kalah 1-3 dari Uzbekistan, 0-1 dari Australia dan 1-4 dari Uni Emirat Arab (UEA).

Di Piala AFF U-19 2024, Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan perjuangan dengan menghadapi Kamboja dalam matchday kedua Grup A pada Sabtu (20/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Kemenangan akan memperbesar peluang skuad Garuda Nusantara dalam misi melangkah ke babak semifinal.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #cara #indra #sjafri #cegah #pemain #timnas #indonesia #besar #kepala #belajar #dari #angkatan #evan #dimas

KOMENTAR