Panik Lihat Perkembangan Pesat Timnas Indonesia, Vietnam Terapkan Langkah Ini
Pemain Vietnam dan Timnas Indonesia, Yacob Sayuri. (Instagram/blvbiencuong.official)
15:12
18 Juli 2024

Panik Lihat Perkembangan Pesat Timnas Indonesia, Vietnam Terapkan Langkah Ini

Media Vietnam menyoroti bahwa Golden Star Warriors mulai panik dengan pesatnya perkembangan timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Vietnam sempat dominan melawan timnas Indonesia ketika dipegang oleh Park Hang-seo. Lalu kedatangan Shin Tae-yong perlahan menggeser peta kekuatan.

Apalagi Vietnam kini menjalani masa transisi dari Park Hang-seo ke Philippe Troussier. Dan kini diasuh pelatih baru Kim Sang-sik.

Melihat tiga pertandingan terakhir timnas Indonesia melawan Vietnam, Golden Star Warriors mengalami tiga kekalahan. Situasi ini membuat mereka resah.

Baca Juga: Here We Go! Elkan Baggott Diminati 2 Klub Liga Inggris, Ipswich Town Bakal Melepasnya?

"Tim negeri ribuan pulau (Indonesia) sudah tiga kali mengalahkan Vietnam di turnamen besar," tulis laporan Thanhnien.vn.

Menurut media Vietnam, kemajuan timnas Indonesia ini bukan hanya karena diisi banyak pemain naturalisasi saja. Akan tetapi, skuad Garuda banyak melawan tim-tim kuat dunia.

Tercatat timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong pernah melakukan uji coba melawan Argentina, Curacao, Burundi, Turkmenistan, hingga Palestina.

Selain itu, Asnawi Mangkualam dkk juga melawan tim-tim kuat Asia seperti Jepang, Australia, dan Irak. Pengalaman itu dianggap membantu pemain berkembang lebih baik.

Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [dok. PSSI]Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [dok. PSSI]

"Untuk mencapai kemajuan saat ini, Indonesia banyak berkompetisi di dunia internasional. Indonesia bertemu banyak pemain berbeda membantu mereka berkembang secara signifikan," tulis laporan media Vietnam tersebut.

Baca Juga: Kemenangan Telak Timnas Indonesia U-19 Bikin Thailand dan Vietnam Gemetar, Media Asing: Buah Naturalisasi?

Hasilnya timnas Indonesia kini menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Melihat hal itu, Vietnam berencana mengikuti langkah timnas Indonesia untuk menggelar laga uji coba melawan tim-tim kuat.

Dikabarkan Vietnam sudah memiliki jadwal uji coba ketika FIFA Matchday pada September dan Oktober 2023 mendatang.

Di bulan September, Vietnam akan mengikuti laga persahabatan melawan Thailand, Rusia, dan Panama. Lalu untuk Oktober, anak asuh Kim Sang-sik dijadwalkan menghadapi India serta Lebanon.

Persiapan ini dilakukan sekaligus untuk menatap ASEAN Cup 2024 yang digelar November 2024. Vietnam lagi-lagi akan berjumpa timnas Indonesia karena berada di grup yang sama.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #panik #lihat #perkembangan #pesat #timnas #indonesia #vietnam #terapkan #langkah

KOMENTAR