3 Kesalahan yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia U-19 usai Kalahkan Filipina
Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum bertanding melawan Timnas Filipina pada penyisihan Grup A Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/sgd/tom.
22:48
17 Juli 2024

3 Kesalahan yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia U-19 usai Kalahkan Filipina

Setidaknya ada tiga kesalahan yang perlu diperbaiki Timnas Indonesia U-19 usai mengandaskan perlawanan Filipina di Piala AFF U-19 2024.

Timnas Indonesia U-19 baru saja menuntaskan pertandingan pertamanya di Piala AFF U-19 2024 kontra Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7).

Dalam pertandingan itu, skuad besutan Indra Sjafri berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 6-0 atas lawannya tersebut.

Timnas Indonesia U-19 mampu mencetak gol pembuka di menit ke-12 lewat sontekan Arlyansyah Abdulmanan di depan gawang Filipina.

Baca Juga: Lini Belakang Makin Kokoh, Ini Sosok Ricardo Lima Bek Anyar yang Direkrut Persis Solo

Sembilan menit berselang, giliran Iqbal Gwijangge yang mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol dengan tandukannya.

Duet Iqbal di lini pertahanan, Kadek Arel, juga tak mau ketinggalan mencetak gol lewat tandukan pada menit ke-28.

Jelang turun minum, Iqbal Gwijangge berhasil mencetak gol kedua sekaligus gol keempat bagi Timnas Indonesia U-19 usai memanfaatkan bola liar di depan gawang.

Usai mencetak empat gol di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 langsung tancap gas dan berhasil mencetak gol kelima lewat Arlyansyah Abdulmanan di menit ke-50.

Pesta gol Timnas Indonesia U-19 ke gawang Filipina kemudian ditutup oleh penyerang keturunan, yakni Jens Raven di menit ke-87.

Baca Juga: Tragedi Maut di Peru, Bus Jatuh ke Jurang, 26 Orang Tewas

Meski bisa menang besar dengan setengah lusin gol atas Filipina, terdapat tiga kekurangan yang tetap harus diperbaiki oleh Timnas Indonesia U-19. Apa saja itu?

1. Variasi Serangan

Meski menang besar, Timnas Indonesia U-19 masih memiliki kekurangan dari variasi serangan yang ditampilkan kala melawan Filipina.

Dalam pertandingan itu, mayoritas gol Timnas Indonesia U-19 lahir dari dari sisi sayap dan mengandalkan Cutback dan Crossing dari para winger maupun Fullback.

Hal ini membuat minimnya kreativitas dari lini tengah. Sehingga Indra Sjafri sebagai pelatih harus mulai memikirkan taktik baru agar variasi serangan Indonesia tak bertumpu di sektor sayap semata.

2. Finishing

Lagi-lagi Finishing atau penyelesaian akhir masih menjadi PR besar bagi Timnas Indonesia, entah itu tim senior maupun kelompok umur.

Meski berhasil mencetak setengah lusin gol ke gawang Filipina, Timnas Indonesia sejatinya bisa saja menang lebih besar karena memiliki sederet peluang emas yang bisa berbuah gol.

Tercatat, Timnas Indonesia U-19 memiliki 8 tembakan Off Target dari sederet peluang itu sehingga gagal meraih kemenangan yang lebih besar atas Filipina.

3. Pengambilan Keputusan

Di laga kontra Filipina, para pemain Timnas Indonesia U-19 masih memiliki kekurangan dalam pengambilan keputusan atau Decision Making saat menguasai bola.

Buruknya pengambilan keputusan ini terlihat dari banyaknya skill individu yang ditunjukkan pemain, ataupun umpan-umpan terobosan maupun tusukan yang bisa dihentikan lawan.

Karena buruknya pengambilan keputusan ini, sederet ancaman yang dibangun Timnas Indonesia U-19 urung membuahkan peluang dan membuat lawan bisa berbalik membangun serangan.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kesalahan #yang #perlu #diperbaiki #timnas #indonesia #usai #kalahkan #filipina

KOMENTAR