Siapa Jairo Beerens? Penyerang Keturunan Indonesia yang Resmi Gabung PSV Eindhoven
Jairo Beerens resmi mendapatkan kontrak senior di PSV. (Dok. PSV)
20:12
15 Juli 2024

Siapa Jairo Beerens? Penyerang Keturunan Indonesia yang Resmi Gabung PSV Eindhoven

Klub kasta tertinggi Liga Belanda, PSV Eindhoven, telah resmi menjalin kerja sama dengan penyerang keturunan Indonesia bernama Jairo Beerens. Siapa sebetulnya sosok Jairo Beerens?

Sebelumnya, PSV Eindhoven telah resmi mengumumkan kerja samanya dengan Jairo Beerens. Kedua pihak sepakat untuk meneken kerja sama kontrak berdurasi tiga tahun. Pengumuman ini dirilis pada Senin (15/7/2024).

“PSV dan Jairo Berens telah mencapai kesepakatan mengenai komitmen pertama. Penyerang sayap ini menandatangani kontrak selama tiga tahun dan bergabung dengan PSV U-17. Di mana dia juga mendapat banyak menit bermain musim lalu,” tulis keterangan resmi klub.

Sebagai informasi, Jairo Beerens sebetulnya bukan nama baru bagi PSV. Sebab, pemain berusia 15 tahun ini merupakan putra mantan pemain PSV, Roy Beerens, yang telah bermain di PSV Academy sejak tahun 2018.

Baca Juga: Apa Sih Keuntungan Menjadi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia? Ini Kata Ahmed Zaki Iskandar

Di atas kertas, dia merupakan pemain PSV U-16, tetapi dalam prakteknya dia sudah mencatatkan banyak menit bermain dan mencetak gol untuk tim PSV U-17. Jairo bisa bermain di sayap kiri dan kanan.

Pihak klub pun mengaku sangat terkesan dengan perkembangan potensi pemain kelahiran 30 September 2008 tersebut. Sebab, ada beberapa kemampuan yang dimiliki oleh pemain kelahiran Eindhoven tersebut.

“Dia memiliki teknik yang sangat bagus dan kemampuan mencetak gol yang tinggi. Itulah sebabnya, PSV kini telah mengontraknya selama tiga tahun,” bunyi pernyataan resmi PSV melalui situsnya.

Jairo Beerens resmi mendapatkan kontrak senior di PSV. (Dok. PSV)Jairo Beerens resmi mendapatkan kontrak senior di PSV. (Dok. PSV)

Jika merujuk pada informasi yang beredar saat ini, Jairo Beerens memang punya potensi besar untuk menjadi pemain Timnas Indonesia. Sebab, dia memiliki darah keturunan Indonesia dari leluhurnya.

Kakek dan nenek dari pihak ibunya disebut-sebut berasal dari Jakarta. Sedangkan keluarga pihak ayahnya berasal dari Belanda. Status semacam ini membuka peluangnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di kelompok junior.

Baca Juga: Eks Ajax dan Liga Spanyol yang Tolak Timnas Indonesia Kena Karma, Begini Nasibnya Sekarang

Apalagi, kiprahnya juga termasuk oke. Pemain yang biasa beroperasi di sektor winger kiri ini juga pernah memperkuat Timnas Belanda U-16. Sejauh ini, dia telah menyumbang satu gol dari enam penampilan bersama Belanda U-16.

Dengan demikian, dia cukup potensial untuk menjalani proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia U-16 asuhan Nova Arianto yang dipersiapkan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #jairo #beerens #penyerang #keturunan #indonesia #yang #resmi #gabung #eindhoven

KOMENTAR