Beda Sikap Shin Tae-yong vs Bung Towel saat Terima Kritikan, Level Kualitas Berbicara
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (instagram Shin Tae-yong)
19:24
14 Juli 2024

Beda Sikap Shin Tae-yong vs Bung Towel saat Terima Kritikan, Level Kualitas Berbicara

Shin Tae-yong dan Bung Towel menunjukkan sikap berbeda ketika mendapatkan kritikan. Kedua sosok ini menjadi sering diperbincangkan seiring hal-hal yang terjadi dengan Timnas Indonesia.

Bung Towel seolah menjelma sebagai sosok antagonis di tengah sedang diupayakannya prestasi Timnas Indonesia oleh PSSI dan Shin Tae-yong.

Kerap sosok yang mengaku alumni Universitas Padjajaran tersebut melontarkan kritik keras buat Timnas Indonesia, termasuk banyak pemain naturalisasi di skuad Garuda.

Kritik intens yang diberikan itu pada akhirnya membentuk opini bahwa Bung Towel adalah pembenci Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Tim Henri Victor Geypens, Hinoke Mauresmo Johannes, dan Dion Markx Masih Panjang

Kritik dianggap mayoritas publik hanya dalih dari maksud sesungguhnya dari ketidaksukaan Bung Towel pada Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia.

Alhasil, Bung Towel pun jadi sering mendapat kritik hingga ujaran kebencian yang ekstrim di media sosial. Menanggapi hal itu, Bung Towel membalas dengan pernyataan kontroversial lain.

Ya, Bung Towel sempat menyebut kalau Shin Tae-yong memiliki buzzer yang dengan sengaja menyerang sang pengamat bola itu.

"Saya rasa Shin Tae-yong pasti sewa Buzzer. Menurut saya agak aneh aja, setiap saya mengkritiknya selalu saja ada serangan balik ke saya," kata Bung Towel dalam podcast @nalarTV pada 26 September 2023.

Berbeda dengan Bung Towel, sikap santai ditunjukkan oleh Shin Tae-yong saat mendapatkan badai kritikan, khususnya dari Bung Towel sendiri.

Baca Juga: Ahmad Zaki: Skuad Piala AFF U-19 Tak Otomatis Jadi Pemain Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Hal ini diceritakan oleh penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo alias Jeje, di Podcast Plus26. Ia mengaku kerap memberitahukan ke Shin Tae-yong mengenai apa yang ramai di media.

Shin Tae-yong disebut tidak memberikan tanggapan soal kritikan miring Bung Towel. Ia juga tidak kesal dan terus melanjutkan pekerjaannya untuk membuat Timnas Indonesia berprestasi.

"Nggak ditanggapi. Dia (Coach Shin Tae-yong) tahu, salah satu tugas saya menyampaikan apa yang lagi heboh di media," kata Jeje.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #beda #sikap #shin #yong #bung #towel #saat #terima #kritikan #level #kualitas #berbicara

KOMENTAR