Siapa Damian van der Vaart? Anak Legenda Belanda yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia
Damian van der Vaart, Pemain Keturunan Indonesia yang Resmi Gabung Ajax Amsterdam. (Instagram/damian.vandervaart)
17:06
14 Juli 2024

Siapa Damian van der Vaart? Anak Legenda Belanda yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Mengenal lebih jauh sosok Damian van der Vaart, anak dari legenda Belanda, Rafael van der Vaart, yang ternyata bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Siapa yang tak mengenal sosok Rafael van der Vaart? Saat ini dirinya dicap sebagai salah satu legenda di ranah sepak bola.

Sematan legenda tersemat pada dirinya karena kariernya yang mentereng dengan pernah membela Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Di samping itu, Rafael van der Vaart juga pernah membela Timnas Belanda dengan mencatatkan 109 caps dan mencetak 25 gol.

Baca Juga: Penunjukan Letexier di Laga Final EURO 2024, Upaya untuk Perbaiki Citra Sang Wasit?

Siapa yang menyangka, legenda seperti Rafael van der Vaart ternyata memiliki seorang putra yang bisa memperkuat Timnas Indonesia, yakni Damian van der Vaart.

Damian bisa membela Timnas Indonesia karena memiliki darah keturunan dari sang ibu, yakni Sylvie Meis, seorang model kelahiran Belanda.

Diketahui, Sylvie Meis memiliki darah Indonesia dari ayahnya. Dengan kata lain, Damian memiliki darah Indonesia dari sang kakek.

Karenanya, Damian pun bisa saja dipinang oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat ataupun di masa yang akan datang.

Terlepas dari nama besar sang ayah, menarik untuk mengupas sepak terjang Damian van der Vaart di lapangan hijau. Seperti apa perjalanan kariernya?

Baca Juga: Profil UD Logrones, Klub Spanyol yang Diperkuat Pemain Timnas Indonesia U-19 Marselinus Ama Ola

Profil Damian van der Vaart

Damian van der Vaart (Instagram @damian.vandervaart)Damian van der Vaart (Instagram @damian.vandervaart)

Damian van der Vaart merupakan pesepak bola muda kelahiran Zaanstad, Belanda pada 28 Mei 2006. Saat ini dirinya berusia 18 tahun.

Kariernya di sepak bola masih terbilang seumur jagung, mengingat usianya yang masih remaja. Meski begitu, Damian punya perjalanan yang menarik.

Ia mengawali kariernya di Jerman bersama SV Victoria. Ia bermain di klub tersebut selama tujuh tahun dari 2013 hingga 2020.

Setelah sang ayah hijrah ke Denmark dan berkarier sebagai asisten pelatih untuk Esbjerg FB, barulah Damian menyusul dan bermain untuk tim akademi klub itu pada sejak 2020.

Tercatat, Damian menimba ilmu di Esbjerg FB selama tiga tahun, sesuai dengan masa kerja sang ayah yang menjadi asisten pelatih hingga Januari 2023.

Setelahnya, keduanya memutuskan kembali ke Belanda. Kepulangannya ini kemudian membawa Damian bergabung tim akademi papan atas Belanda, yakni Ajax Amsterdam.

Saat ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu masih bermain bersama Ajax, dan baru saja berhasil naik kelas dari tim U-18 ke tim U-19.

Selama bermain di Ajax U-18, Damian tercatat telah tampil sebanyak 22 kali dan berhasil mencetak satu gol dan dua assist.

Meski tergolong bersinar di level muda dan dikenal sebagai putra seorang legenda, Damian tak serta merta mendapat panggilan ke tim nasional Belanda.

Hingga saat ini, Damian belum pernah dilirik Timnas Belanda kelompok umur. Hal ini membuat PSSI bisa saja meminangnya agar mau membela Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #damian #vaart #anak #legenda #belanda #yang #bisa #perkuat #timnas #indonesia

KOMENTAR