Siapa Muhammad Nur Ichsan? Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Singkirkan Kiper ADO Den Haag Ferran Alinegara
Kolase Ferran Alinegara dan Nur Ichsan. (Dok. Instagram & PSSI)
11:54
14 Juli 2024

Siapa Muhammad Nur Ichsan? Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Singkirkan Kiper ADO Den Haag Ferran Alinegara

Penjaga gawang Timnas Indonesia U-16, Muhammad Nur Ichsan, menjadi salah satu sosok yang mendapatkan sorotan karena sukses menyingkirkan kiper diaspora asal Belanda yang berasal dari ADO Den Haag.

Sebagai informasi, Nur Ichsan menjadi salah satu penjaga gawang yang paling diandalkan Nova Arianto saat Timnas Indonesia U-16 mengarungi kejuaraan Piala AFF U-16 2024 dan akhirnya merengkuh peringkat ketiga.

Sepanjang kejuaraan ini, Nur Ichsan tercatat bermain empat kali sebagai starter dari awal fase grup hingga babak semifinal. Dia hanya absen pada laga kontra Vietnam pada perebutan peringkat ketiga karena faktor rotasi pemain.

Penjaga gawang asal klub Dewa United Youth itu setidaknya mampu mengukir dua kali cleansheet di Piala AFF U-16 2024. Dari empat pertandingan itu, gawangnya juga tercatat kebobolan enam kali.

Baca Juga: Skill Marselinus Ama Ola, Penyerang Klub Spanyol yang Perkuat Timnas Indonesia U-19

Kiprahnya memang cukup oke di kejuaraan ini. Itu membuatnya layak mendapatkan posisi utama di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-16 yang juga sempat diisi oleh pemain diaspora asal Belanda.

Singkirkan Kiper ADO Den Haag

Pemain diaspora, Ferran Alinegara yang antusias diproyeksi ke timnas Indonesia U-16. (Instagram/@ferranalinegara)Pemain diaspora, Ferran Alinegara yang antusias diproyeksi ke timnas Indonesia U-16. (Instagram/@ferranalinegara)

Nur Ichsan sukses menyingkirkan salah satu penjaga gawang yang kini berkarier di luar negeri. Sosok pemain yang dimaksud bernama Ferran Alinegara yang berstatus sebagai penggawa tim junior ADO Den Haag.

Nama Ferran Alinegara sempat mencuat ketika Tenaga Ahli Kemenpora, Hamdan Hamedan, menyerahkan database pemain diaspora kepada pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, pada Februari 2024.

Ketika itu, Nova memang tengah membangun skuad Timnas U-16 setelah resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala. Salah satu pemain yang direkomendasikan dalam buku database tersebut ialah Ferran Alinegara.

Baca Juga: Kick-off Pekan Depan! Ini Jadwal Siaran Langsung, Format dan Regulasi Piala AFF U-19 2024

"Alhamdulilah senang hari ini bisa berdiskusi di Kemenpora dengan Coach Nova dan menyerahkan data para pemain diaspora Indonesia U-16. Semoga bermanfaat dan sukses selalu Coach Nova Arianto," tulis Hamdan Hamedan di keterangan postingan. 

Menariknya di data tersebut ada potret dua tiga potret pemain diaspora, dua di antaranya adalah Ferran Alinegara dan Matt Baker. Ferran Alinegara memang memiliki darah Indonesia dari ayah dan ibunya. Kakek dan neneknya juga merupakan orang Indonesia. 

Ayah Ferran juga memiliki paspor Indonesia, sehingga ia bisa saja dipanggil ke Timnas Indonesia U-16.  Adapun Ferran merupakan pemain yang berkarier di Ado Den Haag dan berposisi sebagai kiper. 

Biodata Nur Ichsan

Kiper Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nur Ichsan (@timnas.indonesia)Kiper Timnas Indonesia U-16 Muhammad Nur Ichsan (@timnas.indonesia)

Nama : Muhammad Nur Ichsan

Tanggal lahir / Umur: 11 Apr 2008 (16)

Tempat kelahiran: Pematang Siantar

Tinggi: 1,85 m

Kewarganegaraan: Indonesia

Posisi: Kiper

Klub Saat Ini: Dewa United Youth

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #muhammad #ichsan #pemain #timnas #indonesia #yang #singkirkan #kiper #haag #ferran #alinegara

KOMENTAR