Berstatus Pengangguran, Cyrus Margono Susah Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia?
Kiper Keturunan Indonesia, Cyrus Margono. (instagram.com/cmargono)
11:00
13 Juli 2024

Berstatus Pengangguran, Cyrus Margono Susah Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia?

Kiper keturunan yang sudah menjadi WNI, Cyrus Margono kini berstatus tanpa klub usai dilepas oleh Panathinaikos B.

Cyrus Margono merupakan kiper kelahiran Amerika Serikat. Namun, ia berhasrat membela timnas Indonesia.

Hal itu membuatnya mengambil langkah untuk mendapatkan paspor Indonesia dengan bantuan Hamdan Hamedan. Penjaga gawang berusia 22 tahun ini resmi menjadi WNI pada 21 Maret 2024 lalu.

Berdasarkan keterangan Hamdan Hamedan, status WNI Cyrus Margono bukan melalui jalur naturalisasi, tapi lewat Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM), usai sempat melepas paspor Indonesia-nya.

Baca Juga: Ironi Emil Audero! Jual Mahal Bela Timnas Indonesia Kini Kesalip Maarten Paes

Pesepak bola Cyrus Margono mencium bendera merah putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (21/3/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.Pesepak bola Cyrus Margono mencium bendera merah putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (21/3/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/Spt.

Walau sudah menjadi WNI, Cyrus masih belum dilirik oleh Shin Tae-yong ke skuad timnas Indonesia. Nyatanya ia tidak dipanggil ketika skuad Garuda berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kiper bertinggi 1,91 meter ini juga masih belum dipanggil, meski perpindahan federasi Maarten Paes terganjal. Padahal timnas Indonesia membutuhkan kekuatan baru menyongsong babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kini nasib Cyrus Margono semakin runyam. Pasalnya ia justru dilepas oleh klubnya Panathinaikos B.

Dikutip dari halaman Transfermarkt, pemain berdarah Indonesia yang lahir di Amerika Serikat ternyata berstatus tanpa klub sejak 1 Juli 2024 lalu.

Statistik Cyrus Margono pun tidak begitu mentereng di Panathinaikos B. Ia baru bermain dalam 17 pertandingan selama tiga musim terakhir.

Baca Juga: Dikabarkan Gabung AZ Alkmaar, Harga Pasar Thom Haye Tak Kalah dari Saingannya

Situasi ini bisa membuatnya makin kesulitan untuk dipanggil Shin Tae-yong ke timnas Indonesia. Apalagi skuad Garuda punya kiper andalan dalam diri Ernando Ari hingga Adi Satryo.

Terlebih Shin Tae-yong juga menunggu sosok Maarten Paes yang bakal diproyeksi sebagai penjaga gawang utama. Namun, kiper FC Dallas ini sedang menunggu proses perpindahan federasinya selesai.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #berstatus #pengangguran #cyrus #margono #susah #dilirik #shin #yong #timnas #indonesia

KOMENTAR