AFC Kembali Soroti Duel Timnas Indonesia vs Vietnam, Puji Golden Star Warriors
Pemain Vietnam berusha berebut bola di udara saat pertandingan sepak bola Semi Final Piala AFF 2022-2023 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto,]
23:12
18 Januari 2024

AFC Kembali Soroti Duel Timnas Indonesia vs Vietnam, Puji Golden Star Warriors

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menyoroti duel Timnas Indonesia vs Vietnam yang akan tersaji dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Ini merupakan pertemuan pertama kedua wakil ASEAN itu di kancah Piala Asia.

Jelang pertandingan bertajuk derbi Asia Tenggara ini, AFC kembali memberikan sorotan, termasuk memberikan pujian dan prediksi di laga nanti.

Sebelumnya, dua hari jelang kick-off Piala Asia 2023, AFC sempat memasukan laga Indonesia vs Vietnam sebagai salah satu pertandingan paling menarik di turnamen ini.

Dalam ulasan terkini, AFC memberikan pujian kepada Vietnam, yang dinilai telah tampil impresif ketika dikalahkan Jepang dalam matchday pertama Grup D pada Minggu (14/1/2024).

Vietnam sempat mengejutkan Samurai Biru dengan unggul 2-1, sebelum akhirnya berbalik kalah dengan skor 2-4.

Gelandang Indonesia Ricky Kambuaya berusaha menendang saat pertandingan sepak bola Semi Final Piala AFF 2022-2023 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto,]Gelandang Indonesia Ricky Kambuaya berusaha menendang saat pertandingan sepak bola Semi Final Piala AFF 2022-2023 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto,]

"Vietnam asuhan Philippe Troussier tampil mengesankan dalam kekalahan 4-2 di hari pembukaan dari Jepang," tulis AFC dikutip Suara.com pada Kamis (18/1/2024).

"Sementara Indonesia asuhan Shin Tae Yong juga mengambil sisi positif dari kekalahan 3-1 dari Irak."

Laga ini disebut AFC bukan sekedar adu gengsi antara dua negara ASEAN, tetapi juga sangat penting karena bakal memengaruhi peluang kedua negara untuk melangkah ke 16 besar.

Setelah sama-sama kalah dalam matchday pertama, kekalahan di laga ini bakal membuat peluang salah satu negara untuk melangkah lebih jauh hampir tertutup.

"Kekalahan kedua berturut-turut bagi keduanya akan membuat peluang lolos ke fase gugur menjadi sangat kecil kemungkinannya, yang berarti ada lebih dari sekadar kebanggaan dalam derby Asia Tenggara yang sengit ini," tulis AFC.

Merujuk pada rekor pertemuan, Timnas Indonesia dianggap sebagai tim yang kurang diunggulkan menjelang pertandingan ini.

Rekor pertemuan kedua tim tidak berpihak kepada Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, terakhir kali Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam terjadi pada tahun 2016, alias sudah sekitar tujuh tahun yang lalu.

Gol terakhir yang dicetak oleh Garuda ke gawang Vietnam di level senior juga sudah terjadi cukup lama yakni pada 2019.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kembali #soroti #duel #timnas #indonesia #vietnam #puji #golden #star #warriors

KOMENTAR