Hitung-hitungan Timnas Indonesia Tembus 100 Dunia, Butuh 109,83 Poin FIFA
Timnas Indonesia mendapatkan sorotan FIFA. (Dok. PSSI)
11:06
11 Juli 2024

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Tembus 100 Dunia, Butuh 109,83 Poin FIFA

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengusung target yang besar untuk membawa Timnas Indonesia menembus peringkat 100 FIFA. Menurut hitung-hitungan, butuh berapa kemenangan untuk mewujudkan target ini?

Sebelumnya, ambisi untuk membawa Timnas Indonesia melonjak ke peringkat 100 besar FIFA itu disampaikan Erick Thohir saat menjalani sesi wawancara di program Rosi Kompas TV, Kamis (16/5/2024).

Ketika itu, Erick menyampaikan bahwa dirinya menantang Shin Tae-yong dengan target ambisius. Pelatih asal Korea Selatan itu diminta untuk membawa Timnas Indonesia ke peringkat 100 besar FIFA pada perpanjangan masa kontraknya hingga 2027.

“Saat itu, kami membicarakan bahwa kerja sama ini akan berlanjut sampai 2027. Ada beberapa diskusi seperti target berikutnya yang ingin dicapai apa. Saya saat itu bilang kalau target berikutnya 100 besar,” ujarnya.

Baca Juga: Satu Permintaan Penting Shin Tae-yong Jelang Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Saya Berharap...

“Saya tidak bisa ngomong turnamen ini masuk peringkat berapa, ya itu tidak fair juga. Target besarnya bisa enggak selama tiga tahun ke depan kita masuk peringkat 100 besar FIFA. Sekarang kan kita di peringkat 134,” imbuhnya.

Jika merujuk pada hitung-hitungannya, berapa kemenangan yang dibutuhkan Timnas Indonesia untuk bisa mewujudkan target menuju peringkat 100 besar FIFA? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Saat ini, Timnas Indonesia masih bertahan di peringkat 134 FIFA dengan mengumpulkan 1108,73 poin. Jumlah ini berjarak cukup jauh jika dibandingkan Timnas Thailand yang berada di peringkat ke-100 FIFA.

Untuk sementara ini, Timnas Thailand sudah mengumpulkan total 1218,56 poin. Jarak poin antara kedua tim saat ini berjumlah 109,83 poin. Marginnya termasuk tinggi untuk dikejar Timnas Indonesia.

Namun, jika melihat rentang waktu yang diberikan selama tiga tahun oleh PSSI, bukan tidak mungkin jarak poin ini bisa dikejar oleh Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Apalagi, skuad Garuda termasuk cukup kuat karena hadirnya pemain-pemain diaspora.

Baca Juga: Siapa Orang Tua Cyrus Margono hingga Kiper 191 cm Ini Bisa jadi WNI Tanpa Naturalisasi?

Salah satu ukuran yang bisa digunakan Timnas Indonesia ialah dengan perolehan poin saat berhasil dua kali menang atas Vietnam pada Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Ketika itu, skuad Garuda sukses menang berturut-turut dengan skor 1-0 dan 3-0 dan dua kemenangan itu sukses menghasilkan 30,04 poin. Jumlah ini termasuk tinggi karena Vietnam berada di peringkat 112 FIFA.

Artinya, Indonesia membutuhkan sekitar tujuh hingga delapan kemenangan beruntun melawan tim-tim yang peringkatnya tak jauh berbeda dengan Vietnam untuk bisa mengejar margin sebanyak 100 poin menuju peringkat ke-100 besar FIFA.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #hitung #hitungan #timnas #indonesia #tembus #dunia #butuh #10983 #poin #fifa

KOMENTAR