5 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis, Duel La Roja vs Les Bleus di Semifinal Euro 2024
Penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe tampil di Euro 2024. [OZAN KOSE / AFP]
20:18
9 Juli 2024

5 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis, Duel La Roja vs Les Bleus di Semifinal Euro 2024

Duel dahsyat Spanyol vs Prancis siap tersaji di semifinal Euro 2024. Timnas Spanyol akan menjajal kekuatan Timnas Prancis di Stadion Allianz Arena, Munich, Jerman, Rabu (10/7/2024) dini hari nanti pukul 02:00 WIB.

Timnas Spanyol merupakan tim paling oke sejauh ini di Euro 2024 dengan rekor 100 persen kemenangan. Dari pertandingan pertama di fase grup sampai pertandingan kelima mereka di perempat final, La Roja --julukan Timnas Spanyol-- selalu menang.

Spanyol sudah berturut-turut mengalahkan Kroasia 3-0, Italia 1-0, Albania 1-0, Georgia 4-1, dan tuan rumah turnamen, Jerman 2-1 di perempat final.

Dua pemain Timnas Spanyol, Alvaro Morata (kanan) dan Rodri tampil pada laga Euro 2024 kontra Kroasia di Olympiastadion Berlin, Jerman yang rampung Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. [Christophe SIMON / AFP]Dua pemain Timnas Spanyol, Alvaro Morata (kanan) dan Rodri tampil pada laga Euro 2024. [Christophe SIMON / AFP]

Di sisi lain, Timnas Prancis belum terkalahkan, tetapi performa tim berjuluk Les Bleus ini jauh dari kata meyakinkan meski merupakan salah satu favorit juara di Piala Eropa kali ini.

Baca Juga: Spanyol vs Prancis: Game Changer, La Roja Akui Full Waspada pada Kylian Mbappe

Kylian Mbappe dan kawan-kawan mengalahkan Austria 1-0, imbang 0-0 dengan Belanda, imbang 1-1 dengan Polandia, mengalahkan Belgia 1-0, lalu imbang 0-0 dan menang adu penalti 5-3 atas Portugal di perempat final.

Sejauh ini di Euro 2024, Prancis baru mencetak total tiga gol, dengan satu merupakan gol penalti Mbappe, sedangkan dua lainnya adalah gol-gol bunuh diri pemain Austria dan Belgia.

Berikut deretan fakta yang melatarbelakangi duel Spanyol vs Prancis ini:

1. Spanyol menang lima kali dan cuma kalah kalah dua kali dalam delapan pertandingan terakhir kontra Prancis, dengan meraih lima kemenangan.Tak termasuk adu penalti, Spanyol cuma kalah 2 kali dalam 27 laga terakhir di putaran utama Euro (M18 S7 K2).

2. Spanyol cuma kalah sekali dalam 17 pertandingan internasional terakhirnya, dengan meraih 14 kemenangan, termasuk menang beruntun di tujuh pertandingan pamungkas.

Baca Juga: Wout Weghorst Senjata Rahasia Belanda untuk Juara Euro 2024, Mimpi Buruk bagi Tim-tim Lawan

3. Prancis cuma kalah sekali dalam 13 laga internasional terakhirnya, dengan meraih tujuh kemenangan.

4. Prancis meraih enam clean sheet dan cuma kebobolan total satu gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya. Namun, Les Bleus cuma mencetak total tiga gol dalam enam laga terakhir.

5. Pertandingan nanti bakal jadi pertemuan ke-37 antara Spanyol dengan Prancis. La Roja memetik 16 kemenangan, sementara Les Bleus menang 13 kali.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #fakta #menarik #spanyol #prancis #duel #roja #bleus #semifinal #euro #2024

KOMENTAR