Euro 2024: Dani Olmo Emban Tugas Penting Saat Spanyol Hadapi Prancis di Semifinal
Gelandang serang Spanyol Daniel Olmo merayakan gol kemenangan atas Jerman di babak perempat final Piala Eropa di Stuttgart Arena pada 5 Juli 2024. ANTARA /AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV
07:42
9 Juli 2024

Euro 2024: Dani Olmo Emban Tugas Penting Saat Spanyol Hadapi Prancis di Semifinal

Dani Olmo akan mengemban tugas penting saat Spanyol bertemu Prancis dalam semifinal Piala Eropa 2024 di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB lusa.

Gelandang serang RB Leipzig berusia 26 tahun itu akan mengambil peran sebagai pengatur serangan La Furia Roja setelah Pedri mengalami cedera.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente menaruh kepercayaan besar kepada Olmo yang menjadi "man of the match" saat Spanyol mengalahkan Jerman 2-1 dalam perempat final Piala Eropa 2024 Jumat pekan lalu.

Olmo menggantikan Pedri yang cedera pada menit ke-8, berhasil menyumbangkan satu gol dan satu asis untuk gol Mikel Merino pada menit ke-119 setelah kedua tim imbang 1-1 selama 2x45 menit.

Baca Juga: 3 Pemain yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024

Pada tiga pertandingan fase grup, Dani Olmo bukanlah nama pertama dalam daftar starting eleven de la Fuente yang selalu memilih Pedri dalam tim utama.

Hal itu dianggap wajar karena Olmo beroperasi di pos sama dengan Pedri sebagai gelandang serang. Posisi kedua yang bisa ditempati Olmo adalah sayap kiri, namun Spanyol lebih sering menurunkan pemain Athletic Bilbao Nico Williams.

Kendati demikian, Olmo selalu berkontribusi maksimal ketika diberi kesempatan bermain. Dia menjadi pemain terbaik pada laga melawan Jerman dan mencetak gol ke gawang Georgia pada babak 16 besar seusai menggantikan Pedri pada babak kedua.

Pemain binaan akademi Barcelona itu juga memberikan asis untuk gol tunggal Ferran Torres saat Spanyol menang 1-0 atas Albania pada laga ketiga fase grup.

"Dani Olmo adalah pemain luar biasa, pesepakbola fantastis, saya sangat menghargainya,” kata De la Fuente sebagaimana diwartakan AFP seperti dimuat ANTARA, Senin (8/7/2024)

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi China Berasal dari Brasil, Timnas Indonesia Wajib Waspada

"Dia lebih memikirkan tim ketimbang dirinya sendiri sebagai individu."

Olmo menyatakan kesanggupannya mengemban peran baru sebagai pemain andalan untuk timnas Spanyol.

"Saya kelelahan. Tapi saya merasa sangat bangga dengan tim kami yang fantastis, berjuang hingga akhir, tim yang luar biasa, saya sangat bahagia,” kata Olmo.

Pedri mengalami cedera lutut setelah mendapat tekel keras dari gelandang veteran Jerman Toni Kroos. Pedri dipastikan absen selama sebulan atau sampai Piala Eropa berakhir.

Selain Pedri, La Roja juga tak diperkuat bek kanan Dani Carvajal dan bek tengah Robin Le Normand karena akumulasi kartu. De la Fuente kemungkinan menurunkan Nacho Fernandez dan Jesus Navas untuk menggantikan dua pemain tersebut.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #euro #2024 #dani #olmo #emban #tugas #penting #saat #spanyol #hadapi #prancis #semifinal

KOMENTAR