Tembus Semifinal Euro 2024 via Adu Penalti, Timnas Inggris Cetak Sejarah
Timnas Inggris memastikan lolos ke semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Swiss pada pertandingan di Dusseldorf Arena, Jerman, 6 Juli 2024. [INA FASSBENDER / AFP]
19:54
7 Juli 2024

Tembus Semifinal Euro 2024 via Adu Penalti, Timnas Inggris Cetak Sejarah

Timnas Inggris menciptakan rekor bersejarah usai lolos ke semifinal Euro 2024 via adu penalti. Inggris mengalahkan Swiss via adu penalti pada laga perempat final yang digelar di Dusseldorf Arena, Jerman, Sabtu (6/7/2024) malam WIB.

Timnas Inggris bermain imbang 1-1 melawan Swiss dalam 120 menit pertandingan di Dusseldorf, termasuk babak extra-time. Tertinggal gol Breel Embolo pada menit ke-75, The Three Lions --julukan Timnas Inggris-- menyamakan skor via Bukayo Saka lima menit berselang.

Pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti. Kutukan babak tos-tosan sebenarnya cukup melekat di Timnas Inggris di turnamen besar.

Namun kini, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Inggris berhasil mencetak lima gol dari lima eksekutor penalti mereka di turnamen mayor internasional, dan sukses menyingkirkan Swiss di babak perempat final Euro 2024.

Baca Juga: 2 Rekor yang Gagal Ditorehkan Cristiano Ronaldo di Euro 2024, Turnamen Terburuk Sepanjang Karier CR7

Cuplikan para pemain Inggris rayakan kemenangan. (uefa.com)Timnas Inggris tampil di Euro 2024. (doc. UEFA)

Lima algojo penalti yang ditunjuk pelatih Gareth Southgate, yakni Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney dan Trent Alexander-Arnold semua berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna.

Inggris pun mengalahkan Swiss 5-3 di babak tos-tosan ini setelah bermain imbang 1-1 sepanjang waktu normal dan extra-time.

Di semifinal Euro 2024 nanti, The Three Lions akan berjumpa Belanda, yang sebelumnya berhasil mengeliminasi Turki dengan kemenangan 2-1 di perempat final.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #tembus #semifinal #euro #2024 #penalti #timnas #inggris #cetak #sejarah

KOMENTAR