Jens Raven Diam-diam Punya Ayah Hebat, Pernah Setim dengan Legenda Real Madrid
Penyerang Timnas Indonesia U-20, Jens Raven. (pssi.org)
12:18
7 Juli 2024

Jens Raven Diam-diam Punya Ayah Hebat, Pernah Setim dengan Legenda Real Madrid

Penyerang Timnas Indonesia, Jens Raven, ternyata punya latar belakang yang mencengangkan di mana sang ayah, yakni Bjorn Raven, merupakan mantan rekan legenda Real Madrid dan AC Milan.

Darah sepak bola Jens Raven memang didapat dari sang ayah yang dulunya merupakan mantan pemain profesional di era 90 hingga 2000 an awal.

Bjorn Raven, sang ayah, menghabiskan karier sepak bolanya di Belanda dengan bermain untuk tim-tim seperti PSV Eindhoven, PEC Zwolle, VV Katwijk, FC Dordrecht, SVV Scheveningen, Excelsior Maassluis, hingga Wilhelmus Voorburg.

Jauh sebelum terjun ke kancah profesional, ayah Jens Raven merupakan salah satu bek bertalenta saat remaja yang dibuktikan dengan pemanggilan ke Timnas Belanda U-15.

Baca Juga: Cerai dengan Istri, Eks Pemain Timnas Indonesia Gadai Mobil untuk Biaya Operasi

Di Timnas Belanda U-15 ini, Bjorn Raven pernah bermain bersama salah satu legenda sepak bola yang membela Real Madrid dan AC Milan, yakni Clarence Seedorf.

Keduanya bermain bersama di Timnas Belanda U-15 sebanyak satu kali saja, yakni saat De Oranje muda menang 7-0 atas Belgia U-15.

Sayangnya setelah membela Belanda U-15, Bjorn Raven dan Seedorf memiliki nasib berbeda dalam karier sepak bola keduanya.

Bjorn Raven menghabiskan karier di Belanda dengan membela tim-tim kecil, sedangkan Seedorf mampu menahbiskan diri sebagai salah satu gelandang terhebat sepanjang masa.

Terlepas dari perjalanan karier keduanya yang berbeda jauh, Jens Raven punya kans melampaui pencapaian sang ayah saat masih aktif bermain.

Baca Juga: Diwawancara FIFA, Jay Idzes Tebar Ancaman ke Tim di Grup neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Bakal...

Saat ini, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu tercatat masih bermain bersama FC Dordrecht U-21 di usianya yang baru 18 tahun.

Catatannya pun terbilang cukup gemilang di FC Dordrecht U-21, dengan mencatatkan enam gol dari 20 penampilan di segala ajang.

Karena catatannya dan penampilannya itu, Jens Raven pun kemudian menjadi salah satu pemain keturunan yang dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia bersama dengan Calvin Verdonk.

Sebelum resmi dinaturalisasi, Jens Raven pun sudah tampil bersama Timnas Indonesia U-20 di turnamen Maurice Revello di Prancis.

Usai bermain di turnamen tersebut, Jens Raven kemudian resmi dinaturalisasi dan diproyeksikan menjadi salah satu penyerang masa depan Timnas Indonesia.

Selain diproyeksikan menjadi penyerang Timnas Indonesia, Jens Raven juga berpotensi melampaui sang ayah dengan menjadi pelatih, mengingat dirinya telah memegang lisensi UEFA B.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #jens #raven #diam #diam #punya #ayah #hebat #pernah #setim #dengan #legenda #real #madrid

KOMENTAR