Inggris Lolos ke Semifinal Euro 2024, Kalahkan Swiss Lewat Adu Penalti
Para pemain Inggris merayakan keberhasilan timnya memenangkan adu penalti dalam laga perempat final antara Inggris dan Swiss di Duesseldorf Arena, Duesseldorf, pada 6 Juli 2024. (AFP/ANTARA/ADRIAN DENNIS)
06:30
7 Juli 2024

Inggris Lolos ke Semifinal Euro 2024, Kalahkan Swiss Lewat Adu Penalti

Timnas Inggris harus berjibaku hingga adu penalti untuk mengunci tiket ke semifinal Euro 2024. Skuad asuhan Gareth Southgate menyingkirkan Swiss dengan skor 5-3 (1-1) dalam pertandingan menegangkan di Stadion Dusseldorf Arena, Minggu (7/7) dini hari WIB.

Inggris langsung menunjukkan dominasi di babak pertama, namun kokohnya pertahanan Swiss membuat The Three Lions kesulitan mencetak gol.

Peluang demi peluang yang diciptakan Inggris, baik melalui serangan sayap, tendangan dari luar kotak penalti, maupun serangan balik, selalu berhasil dipatahkan oleh barisan belakang Swiss.

Baca Juga: Inggris vs Swiss, Harga Jude Bellingham cs Empat Kali Lebih Mahal!

Di sisi lain, Swiss sesekali melancarkan serangan balik yang berbahaya.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-75 ketika Breel Embolo sukses memaksimalkan umpan Dan Ndoye untuk membawa Swiss unggul 1-0.

Namun, Inggris tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan.

Inggris hadapi tantangan Swiss di perempat final Piala Euro 2024. (uefa.com)Inggris hadapi tantangan Swiss di perempat final Piala Euro 2024. (uefa.com)

Hanya lima menit berselang, Bukayo Saka melesakkan tendangan terukur yang tak mampu dihalau kiper Swiss Yann Sommer.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir babak kedua, memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Baca Juga: Sesumbar Gareth Southgate, Inggris On Fire Lawan Swiss di Perempat Final Euro 2024

Di babak tambahan, kedua tim terus berusaha memecah kebuntuan.

Inggris mendapatkan peluang emas melalui Declan Rice dan Jude Bellingham, namun Sommer tampil gemilang untuk menyelamatkan gawangnya.

Di sisi lain, Swiss hampir saja mencetak gol melalui sepak pojok Xherdan Shaqiri yang membentur tiang gawang Inggris dan tembakan keras Zeki Amdouni yang berhasil ditepis Pickford.

Hingga peluit akhir babak tambahan dibunyikan, skor masih 1-1, sehingga pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

Di babak ini, Inggris tampil lebih beruntung. Tendangan pertama penendang Swiss Manuel Akanji berhasil dihalau Pickford.

Inggris pun keluar sebagai pemenang dengan skor 5-3 dan melaju ke semifinal Euro 2024.

Inggris akan menghadapi Belanda atau Turki di semifinal yang akan digelar di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, pada Kamis (11/7) dini hari WIB.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #inggris #lolos #semifinal #euro #2024 #kalahkan #swiss #lewat #penalti

KOMENTAR