Hasil Euro 2024: Prancis Singkirkan Portugal Lewat Adu Penalti, Tantang Spanyol di Semifinal
(Dari kiri) Penyerang Prancis Marcus Thuram, penyerang Prancis Ousmane Dembele, bek Prancis Jules Kounde, bek Prancis Theo Hernandez, kiper Prancis Mike Maignan dan bek Prancis William Saliba merayakan kemenangan UEFA Pertandingan sepak bola perempat final Euro 2024 antara Portugal dan Prancis di Volksparkstadion di Hamburg pada 5 Juli 2024. FRANCK FIFE / AFP
05:36
6 Juli 2024

Hasil Euro 2024: Prancis Singkirkan Portugal Lewat Adu Penalti, Tantang Spanyol di Semifinal

Prancis melaju ke semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Portugal di babak perempat final yang digelar di Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7/2024).

Di laga tersebut, Prancis mengalahkan Portugal lewat drama Adu penalti yang berakhir dengan skor 5-3, setelah kedua tim bermain tanpa gol di sepanjang 120 menit.

Penyerang Prancis Olivier Giroud (tengah) dan penjaga gawang Prancis Alphonse Areola (kiri) merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola perempat final UEFA Euro 2024 antara Portugal dan Prancis di Volksparkstadion di Hamburg pada 5 Juli 2024.FRANCK FIFE / AFPPenyerang Prancis Olivier Giroud (tengah) dan penjaga gawang Prancis Alphonse Areola (kiri) merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola perempat final UEFA Euro 2024 antara Portugal dan Prancis di Volksparkstadion di Hamburg pada 5 Juli 2024.FRANCK FIFE / AFP

Di semifinal, Prancis akan menghadapi Spanyol. Laga tersebut dijadwalkan pada Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Pertandingan itu sendiri berlangsung cukup alot sejak peluit kick-off dibunyikan. Lewat permainan cepat yang ditampilkan kedua tim, jual beli serangan mewarnai sepanjang laga.

Baca Juga: Dramatis! Gol Telat dan Kartu Merah Antar Spanyol ke Semifinal, Jerman Tersingkir dari Euro 2024

Namun hingga turun minum skor kacamata tidak berubah.

Di babak kedua, baik Prancis maupun Portugal tampil semakin ngotot. Saling serang, keduanya sama-sama mendapatkan sejumlah peluang untuk mencetak gol. Namun tak satupun yang membuahkan hasil.

Papan skor yang tak juga berubah hingga berakhirnya 90 menit waktu normal, memaksa wasit melanjutkan pertandingan ke babak extra time 2x15 menit.

Kapten Portugal Cristiano Ronaldo mendapat peluang bagus di awal babak ini, sayangnya ia kalah cepat dari penjaga gawang Prancis Mike Maignan yang berhasil memotong umpan dari Leao.

Prancis sendiri harus kehilangan pemain bintangnya, Kylian Mbappe. Karena sakit di bagian hidung, ia tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Baca Juga: Portugal vs Prancis: Superkomputer Opta Tak Memihak Cristiano Ronaldo Cs

Hingga memasuki menit 120 tak ada gol tercipta, dan pemenang laga pun ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti ini, lima penendang Prancis berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Sementara penendang ketiga Portugal, Joao Felix, gagal mencetak gol.

Bola hasil sepakan mendatar ke kanan gawang Maignan yang dilepaskan Felix dimentahkan tiang gawang. Prancis keluar sebagai pemenang dengan skor 5-3.

Susunan Pemain

Portugal: Diogo Costa; Joao Cancelo (Nelson Semedo 74'), Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes; Bruno Fernandes (Francisco Conceicao 74'), Joao Palhinha (Ruben Neves 90+2'), Vitinha; Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Rafael Leao (Joao Felix 106').

Pelatih: Roberto Martinez.

Prancis: Mike Maignan; Jules Kounde, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, N'Golo Kante, Eduardo Camavinga (Youssouf Fofana 91'); Randal Kolo Muani (Marcus Thuram 86'), Antoine Griezmann (Ousmane Dembele 67'), Kylian Mbappe (Bradley Barcola 106').

Pelatih: Didier Deschamps.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #hasil #euro #2024 #prancis #singkirkan #portugal #lewat #penalti #tantang #spanyol #semifinal

KOMENTAR