Roda Berputar, Media Vietnam Soroti Negaranya Kini Jadi Bulan-bulanan Timnas Indonesia
Pemain Vietnam dan Indonesia (Instagram/blvbiencuong.official)
17:54
4 Juli 2024

Roda Berputar, Media Vietnam Soroti Negaranya Kini Jadi Bulan-bulanan Timnas Indonesia

Roda sepak bola memang selalu berputar. Dulu, Vietnam selalu menjadi mimpi buruk bagi Timnas Indonesia. Namun, kini keadaan berbalik 180 derajat. Skuad Garuda Muda lah yang menjelma menjadi momok menakutkan bagi The Golden Star Warriors.

Timnas Indonesia sebelumnya tidak pernah menang dari Vietnam dalam periode 7 Desember 2016 hingga 9 Januari 2023. Namun tahun ini, skuad Garuda yang gantian menjadikan Vietnam sebagai bulan-bulanan.

Situasi itu pun disorot media Vietnam. Soha mengkritisi level permainan The Golden Star Warriors yang kini tertinggal jauh dari Timnas Indonesia.

Hasil buruk di Piala AFF U-16 2024 semakin menegaskan lemahnya Vietnam di hadapan skuad Garuda. Timnas Indonesia U-16 baru saja membantai mereka 5-0 di perebutan tempat ketiga, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Bung Ropan: Info dari Erick Thohir, Maarten Paes Tak Bela Timnas Indonesia September Nanti, Kecuali Hal Ini Terjadi

Timnas Indonesia pesta gol, Vietnam lima kali kebobolan. (X/@TimnasIndonesia)Timnas Indonesia pesta gol, Vietnam lima kali kebobolan. (X/@TimnasIndonesia)

Kekalahan telak itu memperpanjang rentetan kekalahan Vietnam dari Indonesia di lintas ajang. Sejauh ini, Vietnam sudah dipermalukan Indonesia empat laga beruntun sepanjang 2024.

Rentetan hasil buruk ini diawali pada laga perdana Grup B Piala AFF U-16 2024. Timnas Indonesia U-16 berhasil menundukkan Vietnam U-16 dengan skor 2-1.

Kekalahan tersebut membuka luka lama bagi Vietnam. Pasalnya, mereka gagal membalas dendam atas kekalahan di final Piala AFF 2022 silam.

Tak berhenti di situ, Vietnam kembali dipermalukan Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dua kali berhadapan di Grup F, Vietnam selalu takluk dari Timnas Indonesia.

Pada pertemuan pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Vietnam takluk dengan skor tipis 0-1. Hasil minor kembali mereka dapatkan saat bermain di kandang sendiri. Vietnam dibantai Indonesia dengan skor telak 0-3.

Baca Juga: Keturunan Banda Neira, Keponakan Jairo Riedewald Ngebet Bela Timnas Indonesia

Rentetan kekalahan ini menjadi bukti nyata bahwa Timnas Indonesia di semua level mulai menunjukkan perkembangan pesat. Kemajuan paling signifikan terlihat pada Timnas Senior yang berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pencapaian membanggakan ini tentu saja menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia untuk terus melaju dan mengukir prestasi di kancah internasional.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #roda #berputar #media #vietnam #soroti #negaranya #kini #jadi #bulan #bulanan #timnas #indonesia

KOMENTAR