Menpora Tetap Optimis Meski Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia
Pemain Timnas Indonesia Thom Haye berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
15:00
29 Juni 2024

Menpora Tetap Optimis Meski Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia (Timnas Garuda) harus menghadapi tantangan berat di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tergabung di Grup C bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China, peluang Timnas untuk lolos ke Piala Dunia 2026 diragukan banyak pihak.

Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo tetap optimistis dengan peluang Timnas Garuda. Ia meyakini skuad Garuda memiliki mentalitas dan persiapan yang matang untuk bersaing dengan tim-tim terbaik di Asia.

"Timnas Indonesia tetap optimis, semangat mereka tetap ya ingin berjuang keras dan akan bertemu dengan negara-negara hebat lainnya," kata Dito dikutip dari Antara, Sabtu (29/6/2024).

Dito menuturkan bahwa skuad asuhan Shin Tae-yong (STY) telah menjalani persiapan intensif dan latihan optimal. Ia yakin para pemain akan memberikan kemampuan terbaik mereka saat bertanding di kualifikasi nanti.

Menpora RI, Dito Ariotedjo. (instagram.com/ditoariotedjo)Menpora RI, Dito Ariotedjo. (instagram.com/ditoariotedjo)

"Kami sangat mengapresiasi, karena ini adalah pencapaian (lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia) yang paling jauh dan saya kira persiapan mereka juga sangat total," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

Menurutnya, menghadapi tim-tim kuat di Grup C akan menjadi pengalaman berharga bagi para pemain Timnas. Hal ini juga dapat meningkatkan soliditas tim dan membawa kemajuan bagi sepak bola Indonesia.

Meskipun Menpora Dito optimistis, Timnas Garuda tidak boleh meremehkan lawan-lawannya di Grup C. Jepang, Australia, dan Arab Saudi merupakan tim-tim yang langganan tampil di Piala Dunia.

Bahrain dan China juga bukan tim yang mudah dikalahkan. Mereka memiliki pemain-pemain berkualitas dan sepak bola yang berkembang pesat.

Indonesia melakoni laga pertama dengan bertandang melawan Arab Saudi pada 5 September 2024.

Baca Juga: Pengamat Asing Ramalkan Timnas Indonesia Lanjut Round 4 Kualifikasi, Bisa Lolos Piala Dunia 2026?

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #menpora #tetap #optimis #meski #timnas #indonesia #masuk #grup #neraka #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR