PSSI Turun Tangan Soal Sanksi Shin Tae-yong Cs: Kami yang Bayar ke AFC
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (pssi.org)
09:48
29 Juni 2024

PSSI Turun Tangan Soal Sanksi Shin Tae-yong Cs: Kami yang Bayar ke AFC

PSSI akan membayarkan denda yang dijatuhi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kepada pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan dua pemain Garuda, Ivar Jenner serta Justin Hubner. Total denda menyentuh ratusan juta rupiah.

Jika nominal denda Shin Tae-yon, Ivar Jenner, dan Justin Hubner digabungkan, PSSI harus membayar AFC sebesar 17.000 dolar AS atau setara dengan Rp277,9 juta (kurs dolar AS Rp16.350).

Rinciannya adalah Shin Tae-yong sebesar 7.000 dolar AS (Rp122,8 juta), dan masing-masing dari Justin Hubner dan Ivar Jenner sebesar 5.000 dolar AS (Rp81,8 juta).

AFC meminta ketiganya membayar denda paling lambat 30 hari setelah putusan dikeluarkan yaitu pada 27 Juni lalu. Terkait hal ini PSSI akan bertanggung jawab.

Baca Juga: Bahrain Jangan Terlena Pernah Menang 10-0, Timnas Indonesia Dulu dan Sekarang Beda 180 Derajat!

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa denda dari AFC layaknya denda dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Jadi memang itu harus dilunasi dan dipatuhi.

Anggota EXCO PSSI, Arya Sinulingga. (pssi.org)Anggota EXCO PSSI, Arya Sinulingga. (pssi.org)

"Ya itu sama seperti hukuman Komdis PSSI, sudah ada aturannya. Ya dipenuhi," ujar Arya Sinulingga dalam keterangannya, Jumat (28/6/2024).

"Harus dilakukan tahapan-tahapan pembayaran sesuai dengan yang ada. PSSI yang membayar denda," jelas Arya Sinulingga.

Sebagai informasi, ketiganya didenda karena dianggap melakukan protes berlebihan selama Piala Asia U-23 2024. Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner divonis AFC melanggar Pasal ke-50 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Shin Tae-yong dinilai selama konferensi pers pasca-pertandingan tergugat membuat komentar yang mempertanyakan kompetensi dan integritas wasit dan AFC.

Baca Juga: Resmi Perpanjang Kontrak, STY Harus Istirahat Lama di Korea Selatan Karena Sakit

Sementara Justin Hubner dan Ivar Jenner didenda AFC karena membuat status di media sosial yang dinilai menghina Piala Asia U-23 hingga Federasi Sepak Bola Qatar (QFA).

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pssi #turun #tangan #soal #sanksi #shin #yong #kami #yang #bayar

KOMENTAR