Timnas Indonesia Gabung Grup Neraka, Erick Thohir: Jangan Kasih Kendor... Bola Itu Bundar
Erick Thohir saat di ruang ganti pemain timnas Indonesia senior (pssi.org)
23:36
27 Juni 2024

Timnas Indonesia Gabung Grup Neraka, Erick Thohir: Jangan Kasih Kendor... Bola Itu Bundar

Teka-teki lawan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia terjawab sudah, dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta pelatih dan pemain tetap optimistis.

Sebagaimana diketahui, dalam drawing yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024), Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.

Dari tiga grup hasil pengundian Kamis siang, Grup C yang ditempati Indonesia digadang-gadang sebagai grup terberat atau grup 'Neraka'.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saksikan laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF U-16. (pssi.org)Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bersama wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saksikan laga perdana Timnas Indonesia di Piala AFF U-16. (pssi.org)

Melihat lawan-lawan yang bakal dihadapi tim besutan Shin Tae-yong di Grup C, Erick Thohir tidak menampik jika skuad Garuda dihadapkan pada grup sulit. Namun ia tetap optimistis.

Baca Juga: Cara Shin Tae-yong Cegah Timnas Indonesia Jadi Bulan-bulanan di Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kualifikasi Piala Dunia 2016 zona Asia putaran ketiga akan digelar dengan format home away. Artinya skuad Garuda akan melakoni 10 laga di grup ini.

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor," kata Erick Thohir di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

"Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan. Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat," sambungnya dikutip laman resmi PSSI.

Juara dan runner-up grup, totalnya enam negara, akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Peringkat 3 dan 4 grup, total enam negara, akan ikut babak keempat. Babak keempat akan dibagi dua grup, juara grup langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sehingga total sudah delapan wakil Asia yang lolos.

Asia masih dapat menambah satu lagi menjadi sembilan wakil. Yakni runner up babak keempat akan diadu. Pemenangnya akan melakoni laga Playoff dengan perwakilan dari benua lain. Pemenangnya lolos ke Piala Dunia 2026. Jika yang menang wakil Asia maka ada sembilan wakil Asia di Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia Kontra Bahrain dan China, 2 Lawan Paling Realistis di Grup C Kualifikasi Piala Dunia

Berikut hasil lengkap undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang menggunakan format home and away:

Grup A:
1. Iran
2. Qatar
3. Uzbekistan
4. Uni Emirat Arab
5. Kirgizstan
6. Korea Utara

Grup B:
1. Korea Selatan
2 . Irak
3. Yordania
4. Oman
5. Palestina
6. Kuwait

Grup C:
1. Jepang
2. Australia
3. Arab Saudi
4. Bahrain
5. China
6. Indonesia

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #timnas #indonesia #gabung #grup #neraka #erick #thohir #jangan #kasih #kendor #bola #bundar

KOMENTAR