Jelang Akhir Klasemen, 5 Negara Angkat Kaki dari Euro 2024
Gelandang Timnas Austria, Marcel Sabitzer (tengah) merayakan golnya ke gawang Belanda pada laga Euro 2024 di Olympiastadion Berlin, Jerman, Selasa (25/6/2024) malam WIB. [Christophe SIMON / AFP]
07:54
26 Juni 2024

Jelang Akhir Klasemen, 5 Negara Angkat Kaki dari Euro 2024

Euro 2024 kian panas. Lima tim telah dipastikan tersingkir dari babak penyisihan grup, gagal melaju ke fase 16 besar.

Skotlandia, Kroasia, Albania, Serbia, dan Polandia harus angkat koper lebih awal.

Skotlandia menjadi tim pertama yang tersingkir dari Grup A, finis di dasar klasemen dengan hanya satu poin. Di Grup B, Kroasia dan Albania menyusul.

Kroasia, meski mengoleksi dua poin, tak mampu bersaing di klasemen peringkat ketiga terbaik. Albania pun out setelah hanya meraih satu poin.

Baca Juga: Klasemen Akhir Grup D Euro 2024: Austria Finis di Atas Prancis dan Belanda

Sementara di Grup C, Serbia harus puas di posisi keempat dengan dua poin.

Hasil imbang 0-0 melawan Denmark di laga terakhir tak mampu mengantarkan mereka ke babak 16 besar. Nasib serupa dialami Polandia di Grup D.

Meski bermain imbang 1-1 melawan Prancis, Polandia tetap tertahan di posisi juru kunci dan gagal lolos.

Hingga saat ini, Grup E dan F belum ada tim yang dipastikan tersingkir.

Pertandingan terakhir di kedua grup tersebut akan menentukan nasib tim-tim yang masih berpeluang melaju ke fase gugur.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Duel Inggris vs Slovenia Berakhir Imbang 0-0

Klasemen Grup C

Timnas Inggris memuncaki klasemen akhir Grup C Euro 2024 meski ditahan imbang Timnas Slovenia pada pertandingan terakhir fase grup di Stadion RheinEnergie, Cologne, Rabu dini hari WIB

Hasil ini membuat Inggris bercokol di peringkat pertama klasemen akhir Grup C dengan lima poin dari tiga pertandingan, sedangkan Slovenia berada di posisi ketiga dengan torehan dua poin.

Pada pertandingan ini sebenarnya Inggris mendominasi jalannya pertandingan, namun kurang klinisnya penyelesaian akhir dan solidnya lini pertahanan Slovenia membuat laga akhirnya berakhir tanpa gol.

Selanjutnya Inggris akan menghadapi peringkat ketiga terbaik dari Grup D/E/F, sedangkan Slovenia berharap dapat menjadi satu dari empat negara yang mendapatkan predikat peringkat ketiga terbaik.

Klasemen Grup D

Austria mematahkan ekspektasi setelah lolos ke 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 sebagai juara grup, unggul dari Prancis dan Belanda dalam klasemen akhir Grup D.

Tim asuhan Ralf Rangnick tersebut mampu mengalahkan Belanda 3-2 di Stadion Olimpiade, Berlin pada Selasa (25/6). Austria membuka keunggulan lewat bunuh diri Donyell Malen pada menit ke-6.

Tim Oranye bisa menyamakan skor berkat gol Cody Gakpo dua menit selepas jeda. Austria kembali unggul melalui Romano Schmid pada menit ke-59. Belanda membalas sekali lagi berkat Memphis Depay pada menit ke-75.

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria setelah mencetak gol pada menit ke-80. Kemenangan ini membuat Austria secara mengejutkan finis di peringkat teratas Grup D.

Austria di urutan teratas dengan enam poin, dengan menyalip Prancis dan Belanda.

Klasemen Grup C

Timnas Inggris, Timnas Denmark dan Timnas Slovenia dipastikan melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menempati peringkat satu hingga tiga klasemen akhir Grup C.

Pada pertandingan terakhir Grup C, Inggris ditahan imbang Slovenia tanpa gol di Stadion RheinEnergie, Cologne, Rabu dini hari WIB, dan The Three Lions menempati peringkat pertama klasemen akhir Grup C.

Inggris tercatat melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup C dengan lima poin dari tiga pertandingan, sedangkan Slovenia menempati peringkat ketiga dengan tiga poin.

Skuad asuhan Gareth Southgate selanjutnya akan menghadapi peringkat ketiga terbaik dari Grup D atau Grup E pada babak 16 besar di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Minggu (30/6) pukul 23.00 WIB.

Selanjutnya pertandingan tanpa gol juga terjadi pada laga Denmark menghadapi Serbia di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Rabu dini hari WIB.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jelang #akhir #klasemen #negara #angkat #kaki #dari #euro #2024

KOMENTAR