Euro 2024: Austria Juara Grup Maut, Prancis Runner-up, Belanda Peringkat Tiga Terbaik
Gelandang Timnas Austria, Marcel Sabitzer (tengah) merayakan golnya ke gawang Belanda pada laga Euro 2024 di Olympiastadion Berlin, Jerman, Selasa (25/6/2024) malam WIB. [Christophe SIMON / AFP]
01:36
26 Juni 2024

Euro 2024: Austria Juara Grup Maut, Prancis Runner-up, Belanda Peringkat Tiga Terbaik

Grup D, yang merupakan salah satu grup maut di Euro 2024, telah merampungkan matchday ketiga alias terakhirnya. Timnas Austria yang merupakan tim kuda hitam di luar dugaan keluar sebagai juara grup.

Timnas Austria mengalahkan Timnas Belanda 3-2 dalam pertandingan yang berjalan sengit dan dramatis yang rampung Rabu (26/6/2024) dini hari WIB di Olympiastadion Berlin, Jerman.

Di laga ini, Austria unggul terlebih dahulu berkat gol bunuh diri Donyell Malen pada babak pertama.

Di babak kedua, Cody Gakpo menyamakan skor untuk Belanda di menit ke-47. Namun, Austria kembali unggul lewat gol Romano Schmidt (59').

Belanda kembali menyamakan kedudukan berkat aksi Memphis Depay (75'), namun Austria yang dilatih eks juru taktik Manchester United, Ralf Rangnick menunjukkan mentalitasnya dengan kembali unggul 3-2 berkat gol kapten Marcel Sabitzer (80').

Pada pertandingan Grup D lainnya yang dimainkan di waktu bersamaan di Signal Iduna Park, Dortmund, Timnas Prancis ditahan imbang 1-1 oleh Polandia yang sudah pasti tersingkir.

Kedua gol di pertandingan ini sama-sama dicetak dari titik penalti. Gol penalti Prancis dicetak kapten Kylian Mbappe pada menit ke-56, sementara gol penalti Polandia dipersembahkan Robert Lewandowski (79').

Berkat hasil ini, Austria menggusur Belanda di klasemen akhir Grup D Euro 2024 dan lolos ke babak 16 besar. Bahkan, Austria keluar sebagai juara grup dengan 7 poin.

Sementara itu, Belanda harus puas menduduki peringkat ketiga dengan 4 poin, dan lolos ke fase gugur sebagai salah satu peringkat tiga terbaik fase grup.

Sementara itu, Prancis yang merupakan salah satu favorit juara turnamen, lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #euro #2024 #austria #juara #grup #maut #prancis #runner #belanda #peringkat #tiga #terbaik

KOMENTAR