Potret Rumput SUGBK Dibongkar, Ditanam Ulang Demi Pertandingan Timnas Indonesia
Rumput SUGBK dikeruk. (Dok. Dr Tirta)
13:06
25 Juni 2024

Potret Rumput SUGBK Dibongkar, Ditanam Ulang Demi Pertandingan Timnas Indonesia

Beredar sebuah foto yang memperlihatkan kondisi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sedang direnovasi buntut kritik pasca menggelar Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Stadion Gelora Bung Karno dikritik habis-habisan usai menampilkan kondisi rumput yang buruk saat menggelar Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hal itu sebenarnya sudah terlihat sejak Maret 2024 lalu, tepatnya saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di mana kondisi rumput stadion kebanggaan Indonesia itu kurang enak dipandang, laju bola pun terlihat tidak mulus dan menyulitkan pemain untuk menguasainya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Masih Sakit Jelang Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Begini Kondisi Terakhirnya

Puncaknya kegeraman publik Tanah Air pun terjadi saat SUGBK sekali lagi dipakai untuk menggelar laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Yakni saat menjamu Irak dan Filipina, kondisi rumput yang semakin parah dan tak enak dipandang mata membuat jalannya pertandingan sedikit mengganjal.

Penggunaan stadion untuk menggelar konser beberapa hari sebelum laga Timnas Indonesia dihelat pun ditengarai jadi masalahnya.

Karena itu Erick Thohir selaku Ketum PSSI meminta adanya perbaikan segera dari pengelola SUGBK, dan meminta agar rumput yang dipakai setara di EURO 2024.

Mengingat sakralnya Gelora Bung Karno ketika dipakai menggelar laga Timnas Indonesia dalam menjamu tamu-tamu serta tokoh dunia.

Baca Juga: Piala AFF U-16: Cukup Hasil Seri, Indonesia Bakal Amankan Tiket Babak 4 Besar

"Kalau kita lihat (pertandingan) Euro tadi malam (kualitas rumput lapangan) bagus, ya GBK juga harus gitu," ucap Erick Thohir.

"Ini kan ada tamu negara, tokoh dunia, yang juga kita harus mengapresiasi kedatangannya," imbuhnya.

Baru-baru ini tersebar sebuah foto diduga potret terkini dari SUGBK dengan rumput yang sedang direnovasi, terlihat dari unggahan akun Instagram @pemain.keduabelass pada Selasa (25/6/2024).

Lapangan Stadion Gelora Bung Karno terlihat dikeruk dan terlihat pula tanda peringatan bahwa lapangan sedang mengalami perbaikan.

Tentu hal ini menjadi kabar yang sangat baik, diharapkan perbaikan yang dilakukan dapat membuat level SUGBK semakin meningkat.

Dan tidak membuat malu ketika dipakai Timnas Indonesia berlaga melawan tim-tim tangguh Asia dan dunia di ajang bergengsi.

Untuk sementara markas Timnas Indonesia dipindah ke Surabaya, tepatnya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) medio Oktober hingga November.

"Nanti Oktober, November, (timnas Indonesia kembali berlaga setelah di Surabaya) ke GBK, saya berharap kualitas rumput GBK harus dipertanggungjawabkan," ujar Erick Thohir.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #potret #rumput #sugbk #dibongkar #ditanam #ulang #demi #pertandingan #timnas #indonesia

KOMENTAR