Nova Arianto Tak Setuju Timnas Indonesia U-16 Disebut Menang Mudah atas Filipina
Piala AFF U-16 dimulai hari ini, Nova Arianto bocorkan kondisi para pemainnya. (pssi.org)
08:48
25 Juni 2024

Nova Arianto Tak Setuju Timnas Indonesia U-16 Disebut Menang Mudah atas Filipina

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto tidak setuju dengan anggapan timnya menang mudah atas Filipina dalam alam matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2024, Senin (24/6/2024).

Dalam pertandingan yang di Stadion Manahan, Solo, tim Merah Putih memang menang telak dengan skor 3-0. Namun, Nova menilai skor tak mencerminkan jalannya laga.

Nova mengatakan tidak mudah bagi Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- mengalahkan Filipina. Ia menjelaskan lawan sangat kokoh di lini pertahanan.

Terbukti, tim Merah Putih hanya bisa bermain imbang 0-0 di babak pertama. Padahal, Timnas Indonesia U-16 menguasai permainan.

Baca Juga: Rekap Laga Kedua Grup A Piala AFF U-16 2024, Indonesia dan Laos Kompak Menang

"Saya bilang ini pertandingan yang tidak mudah ya," kata Nova dalam keterangannya usai pertandingan.

"Tidak mudah buat tim nasional karena kita bisa melihat secara defense pemain-pemain dari Filipina membuat compact defend di lini di belakang," jelasnya.

Duel timnas Indonesia U-16 vs Filipina di matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo. [Dok. PSSI]Duel timnas Indonesia U-16 vs Filipina di matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo. [Dok. PSSI]

Di babak kedua permainan Timnas Indonesia U-16 lebih agresif. Serangan terus dilancarkan yang membuat Filipina kelelahan.

Hal ini yang langsung dimanfaatkan para pemain Garuda Nusantara. Tiga gol berhasil diciptakan sekaligus membungkus kemenangan Timnas Indonesia U-16 3-0.

Kemenangan tim berjuluk Garuda Asia dipastikan lewat gol Evandra Florasta (65') dan brace Mierza Firjatullah (71', 90+2').

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Tampil Luar Biasa saat Habisi Filipina

"Tapi saya bersyukur, apresiasi dari kerja keras semua pemain yang sudah bermain sangat luar biasa ya sampai 90 menit. Karena kita itu sudah kita perkirakan dari awal masalah fisik dari tim Filipina tadi di menit 70 sudah mulai turun," jelanya.

"Kita bersyukur pemain bisa berjuang dengan maksimal sehingga kita bisa meraih tiga poin pada hari ini," pungkas mantan pemain Persib Bandung itu.

Berikutnya, Timnas Indonesia U-16 akan melawan Laos yang juga sudah mengantongi dua kemenangan. Duel akan berlangsung di Stadion Manahan pada 27 Juni mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #nova #arianto #setuju #timnas #indonesia #disebut #menang #mudah #atas #filipina

KOMENTAR