Dear PSSI! Eks Real Madrid Ini Nganggur, Paten Buat Gantikan Shin Tae-yong
Shin Tae-yong (pssi.org)
13:18
24 Juni 2024

Dear PSSI! Eks Real Madrid Ini Nganggur, Paten Buat Gantikan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong dirumorkan tengah dibidik oleh tim nasional Korea Selatan (Korsel). Rumor ini makin menguat juga disebabkan karena alotnya negosiasi kontrak baru antara PSSI dengan pelatih asal Korsel tersebut.

Untuk diketahui, Shin Tae-yong akan habis masa kontraknya pada Juni 2024. Hingga saat ini belum ada titik terang soal perpanjangan masa kontrak.

Sebelumnya, PSSI sudah menyiapkan kontrak untuk Shin Tae-yong hingga 2027. Secara lisan, Shin telah setuju dengan kontrak baru tersebut.

Namun hingga mendekati akhir Juni 2024, belum ada kesepakatan dan pengumuman resmi perpanjangan kontrak antara Shin dengan PSSI. Shin sendiri saat ini tengah berada di Korsel.

Baca Juga: BRI Liga 1: Liga Musim Depan Masih Tanpa Suporter Tim Tamu, Mengapa?

Shin berada di Korsel untuk melakukan pemeriksaan medis. Di tengah kondisi ini muncul rumor bahwa Shin menjadi prioritas untuk jadi pelatih Korsel.

Terkait rumor ini, ketua umum PSSI Erick Thohir kirim sinyal seolah-olah pasrah jika Shin akhirnya memilih berlabuh ke Korsel.

"Kalau pun dari Korea Selatan ingin Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang," ujar Erick Thohir.

Publik pun dibuat heboh dengan teka teki dan rumor Shin Tae-yong ini. Jika akhirnya Shin memilih untuk pulang dan melatih Korsel, PSSI harus gerak cepat mencari penggantinya.

Sejumlah nama pelatih lokal dan internasional pun dirumorkan layak menggantikan Shin Tae-yong. Namun ada satu nama yang layak dikedepankan, ia adalah Luis Milla.

Baca Juga: Sinyal Timnas Indonesia Bakal Kehilangan Shin Tae-Yong, Begini Kata Erick Thohir

Luis Milla sampai saat ini masih berstatus tanpa klub. Ia terakhir melatih klub BRI Liga 1, Persib. Pada 15 Juli 2023, Luis Milla secara mendadak memutuksan untuk mundur sebagai pelatih Persib.

Pelatih asal Spanyol tersebut memilih untuk mundur setelah tim Maung Bandung mencatatkan hasil minor dalam tiga laga awal BRI LIga 1 musim ini.

Mantan pelatih Timnas Indonesia itu mundur tepat setelah Persib bermain imbang 2-2 melawan Dewa United pada laga pekan ketiga Liga 1, Jumat (14/7/2023).

Muncul spekulasi soal alasan Milla mundur sebagai pelatih Persib. Pihak klub menyebut bahwa eks pelatih Timnas Indonesia itu mundur karena alasan keluarga.

Milla terbilang cukup layak untuk kembali jadi nakhoda Timnas Indonesia. Meski memiliki perjalanan singkat bersama tim Merah Putih, eks pemain Barcelona dan Madrid ini mendapat tempat istimewa di hati suporter Timnas.

Luis Milla secara keseluruhan memiliki 11 caps bersama timnas senior dan U-23. Di level senior, Milla membawa timnas meraih 2 kali menang, 2 kali imbang dan 2 kekalahan.

Sementara di level U-23, Milla mencatat 3 kali menang dan 2 kali kalah. Shin Tae-yong pun sempat memberikan pujian atas kinerja Luis Milla saat melatih timnas.

Menurut Shin, salah satu faktor yang membuatnya cukup sukses bersama tim Merah Putih ialah warisan pemain bagus dari Milla.

"Saya melihat beberapa pemain yang pernah diasuh Luis Milla, dan banyak para pemainnya bagus, karena itu Luis Milla memang pelatih yang baik," kata Shin Tae-yong kepada wartawan di Bandung, Jumat (23/9/2022).

Tak hanya itu, Danurwindo sempat mengutarkan peran dari Luis Milla dalam pembuatan buku Filosofi Sepak Bola Indonesia.

“Luis Milla selalu banyak komunikasi dan konsultasi dengan kami. Dia bilang, dia datang ke Indonesia bukan mau memainkan filosofi tiki-taka, tapi dia mau mencoba memainkan sepak bola ala Indonesia,” kata Danurwindo pada 2017.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #dear #pssi #real #madrid #nganggur #paten #buat #gantikan #shin #yong

KOMENTAR