Bintang Jerman Jamal Musiala Pernah Hadapi Gelandang Timnas Indonesia, Kini Beda Nasib
Gelandang timnas Jerman, Jamal Musiala (kanan) saat berhadapan dengan gelandang Timnas Indonesia, Braif Fatari (tengah). Saat itu Jamal masih memperkuat Chelsea U-19 untuk menghadapi Garuda Select. [Dok. IG/@braiffatari12]
15:36
21 Juni 2024

Bintang Jerman Jamal Musiala Pernah Hadapi Gelandang Timnas Indonesia, Kini Beda Nasib

Bintang Jerman, Jamal Musiala yang menjadi andalan Der Panzer di Euro 2024, ternyata pernah menghadapi gelandang Timnas Indonesia, Braif Fatari. Keduanya kini punya nasib berbeda.

Jamal Musiala, gelandang berusia 21 tahun, tengah menikmati karier gemilang di sepak bola profesional. Meski masih muda, dirinya sudah jadi andalan klub dan tim nasional.

Dalam dua musim terakhir, Jamal menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik dunia. Dia menjadi andalan Bayern Munich di pos gelandang serang.

Gelandang Jerman Jamal Musiala berebut bola dengan gelandang Yunani Manolis Siopis dan bek Lazaros Rota selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Jerman dan Yunani di Moenchengladbach, Jerman barat, pada 7 Juni 2024.UWE KRAFT / AFPGelandang Jerman Jamal Musiala berebut bola dengan gelandang Yunani Manolis Siopis dan bek Lazaros Rota selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Jerman dan Yunani di Moenchengladbach, Jerman barat, pada 7 Juni 2024.UWE KRAFT / AFP

Kehebatannya di klub membuat Jamal Musiala turut dipanggil memperkuat Jerman di Euro 2024 di mana mereka berstatus sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Dilarang Tahan Pemain, LIB Buat Aturan Pelatih Liga 1 Wajib Lepas Pemain Jika Dipanggil ke Timnas Indonesia

Performa Jamal tidak main-main. Sejauh ini, dua sudah melesakkan dua gol dalam dua pertandingan untuk Jerman di fase grup.

Meski punya karier cemerlang sedari muda, Jamal Musiala ternyata pernah "bersinggungan" alias berhadapan dengan gelandang Timnas Indonesia.

Hal itu terjadi saat Jamal masih memperkuat tim muda Chelsea. Dia dan rekan-rekannya di tim U-19 berhadapan dengan Garuda Select pada 2019 silam.

Pemain Persija Jakarta, Braif Fatari dalam laga pekan keenam Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta vs Persita Tangerang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (24/8/2022). [Instagram/@persija]Pemain Persija Jakarta, Braif Fatari dalam laga pekan keenam Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta vs Persita Tangerang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (24/8/2022). [Instagram/@persija]

Saat itu, Chelsea U-19 berhasil menang dengan skor telak 7-2 menghadapi Garuda Select yang salah satunya diperkuat Braif Fatari.

Kala itu, Jamal dan Braif sama-sama berstatus sebagai gelandang muda potensial. Namun, nasib mereka kini berbeda 180 derajat.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tanpa Target di Piala AFF U-16 2024, Tapi..

Jamal Musiala menjadi bintang baru di sepak bola top Eropa, sementara Braif Fatari yang sempat dipercaya Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia senior, kini meredup di usia 22 tahun.

Karier Braif, yang juga sempat jadi andalan Persija Jakarta, meredup setelah dia dibekap cedera parah. Kini, sang gelandang serang memperkuat klub Liga 2, Nusantara United FC saat Jamal jadi andalan di Bayern Munich dan timnas Jerman.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bintang #jerman #jamal #musiala #pernah #hadapi #gelandang #timnas #indonesia #kini #beda #nasib

KOMENTAR