Belum Debut di Belanda, Pemain Keturunan Indonesia Rp695 Miliar Pilih Pindah Tim
Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen saat masih memperkuat Burnley. Oli SCARFF/AFP
14:00
21 Juni 2024

Belum Debut di Belanda, Pemain Keturunan Indonesia Rp695 Miliar Pilih Pindah Tim

Ian Maatsen, pemain keturunan Indonesia, belum juga menjalani debut bersama Belanda di Euro 2024. Di sisi lain, dia dikabarkan setuju pindah dari Chelsea ke Aston Villa.

Pemain berusia 22 tahun itu masuk skuad Belanda di Euro 2024 di detik-detik terakhir jelang turnamen bergulir. Dia dipanggil pelatih Ronald Koeman untuk menggantikan Frenkie De Jong yang cedera.

Meski demikian, pemain berposisi bek sayap kiri itu belum juga mendapatkan kesempatan debut. Dia absen saat Belanda mengalahkan Polandia 2-1 dalam matchday pertama Grup D, 16 Juni lalu.

Sementara peluang dirinya tampil di laga kontra Prancis dini hari WIB nanti juga masih tanda tanya, mengingat Ronald Koeman lebih mengandalkan Nathan Ake di pos bek sayap kiri.

Baca Juga: EURO 2024: Gareth Southgate 'Not Happy' Inggris Ditahan Denmark, Main Tidak Tenag, Penguasaan Bolak Kurang Bagus

Di tengah ketidakpastian itu, muncul kabar bahwa pemain Chelsea yang musim lalu dipinjamkan ke Borussia Dortmund itu bakal segera berpindah klub.

Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang bakal mentas di final Liga Champions. (Instagram/@maatsen_)Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang bakal mentas di final Liga Champions. (Instagram/@maatsen_)

Menyitat BBC, Aston Villa disebut setuju untuk menebus Ian Maatsen dari Chelsea dengan harga dikisaran 35 hingga 40 juta poundsterlng pada bursa transfer musim panas ini.

Maatsen disebut terbuka untuk pindah ke Aston Villa karena status klub tersebut yang bakal tampil di Liga Champions 2024-2025.

Sebelum setuju pindah ke Villa, Maatsen disebut berharap bisa dipermanenkan Borussia Dortmund yang musim lalu dibantunya melaju ke final Liga Champions meski harus tumbang dari Real Madrid.

Dortmund dilaporkan tidak menyanggupi permintaan Chelsea yang membandrol Maatsen di angka 35 juta pounds.

Baca Juga: Dihajar Spanyol, Italia Langsung Keok dengan Rekor Buruk Ini

Terkini, kepindahan Maatsen dari Chelsea ke Aston Villa disebut tinggal menunggu kontrak personal sebelum sang pemain menjalani tes medis pasca Euro 2024.

Ian Maatsen Penuhi Syarat Bela Timnas Indonesia

Meski dipanggil Belanda untuk Euro 2024, status Maatsen saat ini masih memenuhi syarat memperkuat Timnas Indonesia. Hal itu mengingat dirinya belum diturunkan sama sekali oleh Ronald Koeman.

Maatsen diketahui merupakan langganan tim nasional Belanda di level kelompok umur dari U-15 hingga U-21 tetapi belum menjalani debut di timnas senior.

Peluang Maatsen untuk memperkuat Garuda bakal pupus andai dia sekali saja diturunkan Ronald Koeman di Euro 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #belum #debut #belanda #pemain #keturunan #indonesia #rp695 #miliar #pilih #pindah

KOMENTAR