Kisah Eks Persija Silvio Escobar Teguh di Jalan Islam: Hampir Gagal Mualaf karena Takut Sunat
Jadi Mualaf Sejak 2016, Cerita Eks Persija Silvio Escobar Tetap Teguh di Jalan Islam [Tangkap layar Instagram]
13:54
21 Juni 2024

Kisah Eks Persija Silvio Escobar Teguh di Jalan Islam: Hampir Gagal Mualaf karena Takut Sunat

Striker asal Paraguay Silvio Escobar menjadi salah satu pemain asing di Liga Indonesia yang mendapatkan perjalanan spritual tersendiri. Escobar menjadi salah satu legiun asing yang memutuskan masuk Islam alias mualaf.

Silvio Escobar mendapatkan hidayah dan mengenal Islam saat ia bermain di klub Persepam Madura United pada 2014. Ajaran dan nilai-nilai tentang Islam diketahui Escobar dari asisten pelatih Persepam saat itu, Sumardi.

Setelah mempelajari ajaran Islam cukup lama, Escobar memutuskan untuk menjadi mualaf pada 2016. Dikutip dari sejumlah sumber, awalnya Escobar sempat mengurungkan niatnya untuk menjadi mualaf.

Hal ini lantaran ia takut untuk dikhitan alias disunat. Namun, kaena mendapat rekomendasi dari rekannya bahwa khitan sangat baik untuk kesehatan laki-laki, Escobar pun mantap mengucapkan dua kalimat syahadat dan masuk Islam.

Baca Juga: Piala Indonesia Belum Bisa Digelar Pada Musim Ini, LIB Beberkan Alasannya

Awalnya keputusan Escobar untuk masuk Islam dianggap karena pengaruh wanita yang ia nikahi, Merry Marsita. Mirip-mirip yang dialami Danio Fernando.

Namun Escobar masuk Islam sebelum ia menikahi wanita asal Betawi tersebut. Masuk Islam sejak 2016, Escobar sampai saat ini masih tetap teguh sebagai umat Muslim.

Di setiap kesempatan, Escobar selalu berserah diri sebagai umat Muslim kepada Allah SWT. Seperti pada unggahannya di akun Instagram.

"Jadilah terbaik di hadapan Allah Subhanahu wa ta'ala maka Allah akan menjadikanmu terbaik di mata manusia," tulis Escobar pada unggahannya beberap waktu lalu.

Akun Instagram Escobar sendiri dibuat private. Di bio akun mikiknya, Escobar menuliskan akan memblokir netizen yang menuliskan komentar negatif.

Baca Juga: Dilarang Tahan Pemain, LIB Buat Aturan Pelatih Liga 1 Wajib Lepas Pemain Jika Dipanggil ke Timnas Indonesia

Sempat bermain di Liga 2 bersama Persela Lamongan pada 2023, Escobar sampai saat ini belum berpikir untuk pensiun dari sepak bola.

Ia pun sempat mengikuti sejumlah pertandingan tarkam. Seperti yang dilakukannya pada awal Juni. Escobar bersama Zulham Zamrun mengikuti pertandingan tarkam OBM Cup II. Escobar dan Zulham bermain untuk klub Fourplay FC.

Silvio Escobar pertama kali bermain di Indonesia pada 2014 dan membela Persepam. Pemain yang sekarang sudah menjadi WNI ini kemudian sempat membela PSM, Bali United, Perseru, Persija, PSIS, Persikabo, PSMS, Persiraja, hingga Madura United.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #kisah #persija #silvio #escobar #teguh #jalan #islam #hampir #gagal #mualaf #karena #takut #sunat

KOMENTAR