Nasibnya Tidak Jelas, PSSI Optimistis Maarten Paes Bisa Memperkuat Timnas Indonesia
Kiper milik klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat FC Dallas, Maarten Paes saat menjalani pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa, (30/4/2024). (ANTARA/Ho/PSSI)
13:36
20 Juni 2024

Nasibnya Tidak Jelas, PSSI Optimistis Maarten Paes Bisa Memperkuat Timnas Indonesia

Status pemain keturunan Maarten Paes saat ini belum jelas boleh atau tidak memperkuat Timnas Indonesia. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga optimistis pemain FC Dallas itu bisa berbaju Merah Putih suatu saat nanti.

Seperti diketahui, Maarten Paes belum bisa membela Timnas Indonesia meski sudah berstatus sebagai WNI. Hal ini dikarenakan pemain yang berposisi sebagai kiper itu pernah membela tim nasional Belanda ketika usianya 22 tahun.

Alhasil, PSSI mencoba membawa permasalahan ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Ini supaya sang pemain terbebas dari aturan FIFA.

Maarten Paes (pssi.org)Maarten Paes (pssi.org)

Berdasarkan regulasi FIFA, seorang pemain bisa berganti dan bermain untuk tim nasional lainnya jika berusia di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain baik itu tim junior ataupun senior di pertandingan resmi.

Baca Juga: Tak ada Masalah dengan STY, PSSI Sebut Elkan Baggott Tersedia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lantas, sampai mana proses Maarten Paes di CAS? Arya mengaku masih menunggu sidang yang dilakukan.

"Maarten Paes perkembangan masih coba terus, di FIFA masih ada peluang, di CAS juga ada peluang, berbarengan semua (prosesnya). Siapa yang bisa nentuin jadwal sidang? enggak bisa kita atur-atur jadwal sidang pengadilan," kata Arya kepada awak media, Rabu (19/6/2024).

Arya mengaku cukup yakin Paes bisa membela Timnas Indonesia. Pasalnya, status pemain kini sudah menjadi WNI.

Ia berharap sang pemain sudah bisa membela Timnas Indonesia di round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hadirnya Maarten Paes tentu menjadi kekuatan baru untuk Pelatih Shin Tae-yong.

"Kami berharap gitu (bisa tampil di putaran 3), apalagi Maarten Paes sudah WNI. Sudah lengkap semua (dokumennya), ada paspor," pungkasnya.

Baca Juga: PSSI Bongkar Proses Incar Pemain Keturunan untuk Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kevin Diks?

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #nasibnya #tidak #jelas #pssi #optimistis #maarten #paes #bisa #memperkuat #timnas #indonesia

KOMENTAR