Belgia Kalah dan Gol Lukaku Dianulir VAR, Tedesco Ogah Salahkan Wasit
Pelatih timnas Belgia Domenico Tedesco. ANTARA/AFP/THOMAS KIENZLE
08:54
18 Juni 2024

Belgia Kalah dan Gol Lukaku Dianulir VAR, Tedesco Ogah Salahkan Wasit

Belgia harus mengakui keunggulan Slovakia dengan skor tipis 1-0 dalam laga pembuka Grup E Euro 2024 di Frankfurt pada Senin (17/6/2024) malam WIB. Kekalahan ini mencoreng rekor tak terkalahkan Domenico Tedesco selama 15 pertandingan terakhir.

Gol tunggal Ivan Schranz pada babak pertama menjadi pembeda dalam pertandingan ini. Dua gol Romelu Lukaku dianulir VAR, satu karena offside dan satu lagi karena handball.

Meskipun kecewa dengan hasil akhir, Tedesco menolak menyalahkan wasit dan pemain atas kekalahan ini.

"Kami harus memercayai wasit. Saya percaya pada VAR. Jika mereka memutuskan itu handball, kami harus menerimanya," kata Domenico Tedesco dikutip dari AFP pada Selasa (18/6/2024).

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Belgia Ditaklukkan Slovakia 0-1

"Saya tidak ingin menyalahkan siapa pun. Anda harus yakin bahwa kami akan membicarakan banyak hal, namun kami akan melakukannya secara internal dan bukan melalui media," kata Tedesco.

Selebrasi pemain Slowakia Ivan Schranz mencetak gol lawan Belgia dalam pertandingan Grup E Piala Eropa 2024 di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada Selasa (18/6/2024). ANTARA/UEFA/AFPSelebrasi pemain Slowakia Ivan Schranz mencetak gol lawan Belgia dalam pertandingan Grup E Piala Eropa 2024 di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada Selasa (18/6/2024). ANTARA/UEFA/AFP

Kekalahan ini menjadi pukulan telak bagi Belgia, yang diunggulkan untuk lolos dari Grup E. Tedesco tetap optimis dan fokus untuk bangkit di dua pertandingan selanjutnya melawan Romania dan Ukraina.

“Saya tahu kami akan kalah suatu hari nanti, tapi sayangnya itu terjadi hari ini. Sejujurnya tidak banyak yang bisa saya katakan kepada tim," kata mantan juru taktik Leipzig dan Schalke itu.

Ia pun memberikan semangat kepada Romelu Lukaku yang gagal mencetak gol di laga ini.

"Romelu sudah lama bermain untuk Belgia. Dia tahu cara mencetak gol, saya tidak perlu mengatakan itu padanya. Dia adalah pemain kelas atas dengan karakter hebat," kata Tedesco.

Baca Juga: Suporter Rayakan Kemenangan 'Timnas Pusat', Media Belanda: Mereka Dulu Jajahan Kami

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #belgia #kalah #lukaku #dianulir #tedesco #ogah #salahkan #wasit

KOMENTAR