Lagi Liburan Dipanggil ke Euro 2024, Pemain Keturunan Jawa ke Jerman Tak Bawa Sepatu
Bek Timnas Belanda keturunan Jawa, Ian Maatsen. [Dok. AFP]
19:12
14 Juni 2024

Lagi Liburan Dipanggil ke Euro 2024, Pemain Keturunan Jawa ke Jerman Tak Bawa Sepatu

Bek Belanda yang belum pernah tampil di timnas, Ian Maatsen, harus pontang-panting bertolak dari Yunani ke Jerman setelah mendapat panggilan dadakan bergabung dengan skuad Oranje di Euro 2024.

Maatsen, yang saat ini dipinjamkan Borussia Dortmund dari Chelsea, sedang menikmati liburan di atas kapal pesiar dekat Mykonos, Yunani, ketika ia menerima berita tak terduga pada Senin (10/6/2024) malam.

Pelatih Ronald Koeman meminta dirinya segera hadir untuk memperkuat barisan Timnas Belanda di Kejuaraan Eropa yang akan dimulai pada Sabtu (15/6/2024).

Maatsen, yang sempat dicoret dari skuad Belanda, tidak membuang waktu untuk mengakhiri liburan dan terbang menuju Jerman.

Baca Juga: Penasaran Nasib Timnas Inggris sebagai Favorit Juara Euro 2024, Phil Foden sampai Temui Paranormal

Bek Burnley Ian Maatsen melakukan pemanasan menjelang kick-off dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Burnley di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada 18 Maret 2023. Oli SCARFF/AFPBek Burnley Ian Maatsen melakukan pemanasan menjelang kick-off dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala FA Inggris antara Manchester City dan Burnley di Stadion Etihad di Manchester, Inggris, pada 18 Maret 2023. Oli SCARFF/AFP

Bek 22 tahun yang disebut memiliki darah Jawa-Suriname dari ibunya itu, bergabung dengan skuat Belanda di Wolfsburg pada Selasa untuk sesi latihan sore hari.

Belanda baru saja tiba di markas mereka setelah mengalahkan Islandia 4-0 dalam pertandingan persahabatan pemanasan terakhir mereka di Rotterdam.

Namun, transformasi Maatsen dari mode liburan menjadi harapan Euro menghadapi sedikit rintangan. Dia tidak membawa perlengkapan pentingnya: sepatu bola!

Namun, kerjasama apik dengan anggota keluarga pada akhirnya membuat masalah itu terselesaikan. Ayahnya, Edward Maatsen, dengan sigap memenuhi perlengkapan bertanding sang anak.

Dia meminta Maatsen untuk fokus bertolak ke Jerman, sementara keluarganya buru-buru pulang ke Belanda untuk mengambil perlengkapan bertanding dan kemudian berkendara membawanya ke markas latihan Oranje.

Baca Juga: 5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Euro 2024, Ronaldo Bukan Lagi Nomor Satu

"Sebagai anggota keluarga, Anda selalu terlibat," kata Edward kepada wartawan dikutip dari Reuters, Jumat (14/6/2024).

"Kejuaraan Eropa ini adalah bonus yang luar biasa. Sebagai orang tua, Anda merasakan kebanggaan yang luar biasa dan melakukan segala yang Anda bisa untuk mendukung anak Anda dan memastikan semuanya berjalan lancar."

Keputusan Belanda kembali memasukan Maatsen ke dalam skuad datang setelah gelandang Frenkie de Jong dan Teun Koopmeiners terpaksa absen karena cedera.

Meski telah kembali ke skuad, fakta bahwa sempat dicoretnya Maatsen menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya, dia tampil apik dalam masa peminjaman bersama Dortmund.

Maatsen menjadi bek kiri andalan Die Borussen dan berhasil membawa klub tersebut melaju ke final Liga Champions musim ini kendati harus mengakui keunggulan Real Madrid.

Timnas Belanda akan memulai Euro 2024 dengan menghadapi Polandia di Hamburg pada Minggu (16/6/2024) dini hari WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #lagi #liburan #dipanggil #euro #2024 #pemain #keturunan #jawa #jerman #bawa #sepatu

KOMENTAR