Trivia Jerman vs Skotlandia, Deretan Fakta Menarik Laga Pembuka Euro 2024
Ilustrasi pertandingan Jerman vs Skotlandia di Grup A Euro 2024. [Suara.com]
18:06
14 Juni 2024

Trivia Jerman vs Skotlandia, Deretan Fakta Menarik Laga Pembuka Euro 2024

Timnas Jerman sebagai tuan rumah turnamen siap menjajal kekuatan Timnas Skotlandia dalam laga pembuka Euro 2024. Partai matchday 1 Grup A ini akan digelar di Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu (15/6/2024) dini hari nanti pukul 02:00 WIB.

18 bulan setelah gagal total dalam Piala Dunia 2022, Timnas Jerman yang sejak 2023 ditangani Julian Nagelsmann lumayan difavoritkan menjuarai Grup A Euro 2024, karena lawan-lawan yang relatif enteng seperti Skotlandia, Hungaria dan Swiss.

Kefavoritan Jerman bukan semata karena Die Mannschaft --julukan Timnas Jerman-- tampil di negerinya sendiri dalam Piala Eropa edisi tahun ini.

Hal itu juga karena performa Jerman belakangan ini yang cukup apik. Ilkay Gundogan dan kawan-kawan tak terkalahkan dalam empat laga internasional terakhir, termasuk mengalahkan Prancis dan Belanda, dalam dua laga persahabatan akhir Maret lalu.

Baca Juga: Prediksi Jerman vs Skotlandia di Laga Pembuka Euro 2024: Preview, Skor, Link Live Streaming

Nagelsmann memang mewarisi tim Jerman yang dilatih Hansi Flick, yang mentalnya sempat jatuh ke titik nadir setelah terlempar dari fase grup Piala Dunia 2022.

Tapi, Nagelsmann bisa meniru Jurgen Klinsmann yang sukses menyuntikkan energi bangkit pada skuad Die Mannschaft sampai bisa mementahkan segala perhitungan buruk, dengan mencapai semifinal Piala Dunia 2006 silam yang digelar di Jerman.

Bukan tak mungkin, kecacatan justru membuat Nagelsmann bisa mengubah Manuel Neuer cs menjadi kekuatan yang membubat Jerman mengangkat trofi Euro alias Piala Eropa untuk keempat kalinya.

Selain dibekali kedalaman skuad yang baik kendati sejumlah pemain top absen karena berbagai alasan, Jerman bisa berharap kepada keterampilan Nagelsmann dalam meracik tim.

Pelatih muda ini dikenal serbabisa dan senang sekali dengan permain menekan yang tak saja menomorsatukan penguasaan bola, tapi juga kegigihan dalam mencari bola ketika lawan menguasainya. Filosofi semacam ini disebut dengan gegenpressing.

Baca Juga: Penasaran Nasib Timnas Inggris sebagai Favorit Juara Euro 2024, Phil Foden sampai Temui Paranormal

Tapi sama dengan Nagelsmann di Jerman, Timnas Skotlandia juga berharap banyak kepada kepiawaian Steve Clarke yang menjadi pelatih pertama yang sukses meloloskan tim berjuluk The Tartan Army itu dua kali berturut-turut ke Piala Eropa.

Clarke sukses membangun skuad yang memicu pemain-pemainnya menampilkan performa terbaik di level klub, termasuk John McGinn di Aston Villa, Andy Robertson di Liverpool, hingga Scott McTominay di Manchester United.

Nama terakhir melesakkan 7 gol dalam pertandingan Skotlandia selama Kualifikasi Euro 2024.

Transformasi pada pemain-pemain asuhan Clarke membuat Skotlandia bisa membabat Spanyol yang juara Euro 2008 dan 2012, selain empat kemenangan lainnya selama Kualifikasi Euro 2024.

Trivia Jerman vs Skotlandia:

1. Laga di Munich nanti itu adalah pertemuan ke-18 antara Jerman dan Skotlandia. Dalam 17 pertemuan terdahulu, Jerman menang delapan kali termasuk dalam tiga pertemuan terakhir, sedangkan Skotlandia empat kali menaklukkan Jerman.

2. Jerman tak pernah absen dalam 13 edisi terakhir Euro, termasuk saat masih bernama Jerman Barat.

3. Jerman sudah tiga kali menjuarai Piala Eropa yakni pada 1972 di Belgia, 1980 di Italia, dan 1996 di Inggris, selain hampir selalu mencapai semifinal turnamen sepak bola terbesar kedua setelah Piala Dunia itu.

4. Skotlandia baru empat kali mengikuti Euro, termasuk tiga edisi sebelumnya pada 1992, 1996, serta terakhir pada 2020 yang diadakan pada 2021 karena pandemi COVID-19.

5. Dalam tiga kali partisipasi sebelumnya itu, Skotlandia hanya mampu menang dua kali dari total sembilan pertandingan yang mereka lakoni. The Tartan Army tak pernah bisa melewati fase grup Piala Eropa.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #trivia #jerman #skotlandia #deretan #fakta #menarik #laga #pembuka #euro #2024

KOMENTAR