Gelandang Irak Komentari Siasat STY, Ubah Waktu Kick-off tapi Timnas Indonesia Tetap Kalah
Gelandang Timnas Irak, Zidane Iqbal di mixed zone Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Dok. Suara.com/Arief Apriadi]
20:30
6 Juni 2024

Gelandang Irak Komentari Siasat STY, Ubah Waktu Kick-off tapi Timnas Indonesia Tetap Kalah

Gelandang Irak, Zidane Iqbal mengomentari siasat pelatih Shin Tae-yong yang mengubah waktu kick-off pertandingan tetapi pada akhirnya Timnas Indonesia tetap kalah.

Timnas Indonesia harus takluk 0-2 dari Irak dalam matchday kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (6/6/2024).

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta itu sejatinya dijadwalkan kick-off pada 19.00 WIB sebelum berubah menjadi pukul 16.00 WIB.

Pelatih Shin Tae-yong mengubah waktu kick-off dengan harapan Irak akan tidak nyaman dengan cuaca di SUGBK yang dinilai bakal lebih panas di sore hari.

Baca Juga: Tak Apa Kalah dari Irak, Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Bahkan Tanpa Susah Payah

Namun, dalam prosesnya, Irak tetap mampu memberikan perlawanan terhadap Timnas Indonesia. Bahkan, mereka akhirnya menang 2-0 lewat gol-gol di babak kedua.

Irak membuka keunggulan lewat penalti Aymen Hussein pada menit ke-54 setelah Justin Hubner melakukan handball di kotak terlarang.

Lima menit berselang, Timnas Indonesia mendapatkan petaka di mana kapten Jordi Amat harus diusir dari lapangan setelah melakukan pelanggaran keras di depan kotak penalti.

Para pemain Timnas Irak berselebrasi usai berhasil mencetak gol saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Para pemain Timnas Irak berselebrasi usai berhasil mencetak gol saat pertandingan sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Bermain dengan 10 orang tak membuat Timnas Indonesia kehilangan intensitas menyerang. Namun, saat mengejar ketertinggalan, mereka justri kebobolan lagi pada menit ke-88.

Kiper Ernando Ari melakukan blunder fatal. Bola direbut pemain Irak yang kemudian mengoper ke Ali Jasim untuk mencetak gol kedua Singa Mesopotamia.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jordi Amat Diusir Wasit, Timnas Indonesia Dipecundangi Irak di SUGBK

Sebelum gol tersebut, Irak sejatinya punya kesempatan untuk menggandakan keunggulan lebih cepat. Mereka kembali dapat penalti pada menit ke-74, tetapi Aymen Hussain gagal mengonversinya menjadi gol.

Pasca laga, Zidane Iqbal yang tampil sebagai starter sebelum digantikan Youssef Amyn di babak kedua, membahas siasat pelatih Shin Tae-yong.

Dia menegaskan bermain di sore hari cukup menguras tenaga. Dia juga mengakui suhu dan cuaca di SUGBK menjadi tantangan tersendiri bagi para pemain Irak, terkhusus dirinya sendiri.

"Atmosfer stadion bagus. Ya ini venue yang besar, menyenangkan," kata Zidane Iqbal kepada awak media di mixed zone SUGBK, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

"Cuacanya wow, kalian saya pikir mengubah pertandingan dari pukul 19.00 ke 16.00. Itu gila, saya hampir 'pingsan' dalam 20 menit pertama. Tapi kredit untuk tim, performa yang bagus," jelas Iqbal.

Kemenangan atas Indonesia membuat Irak yang sudah lolos ke putaran ketiga semakin kokoh di puncak klasemen Grup F. Sementara skuad Garuda harus menundai kepastian lolos.

Timnas Indonesia kini wajib menang atas Filipina dalam matchday terakhir Grup F yang akan berlangsung di SUGBK, Senayan, Jakarta pada 11 Juni mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #gelandang #irak #komentari #siasat #ubah #waktu #kick #tapi #timnas #indonesia #tetap #kalah

KOMENTAR